Advertisement

Pilah Pilih Organisasi Sesuai Passion

Media Digital
Kamis, 31 Agustus 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pilah Pilih Organisasi Sesuai Passion Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PSM UAJY) meraih penghargaan dalam kompetisi The 13th International Choral Festival Orientale Concentus (ICFOC) di Singapura, sejak tanggal 30 Juni hingga 3 Juli 2023. - Ist/uajy.ac.id

Advertisement

JOGJA—Kuliah lancar harus dong. Syukur-syukur bisa lulus cepat plus IPK cumlaude. Eits, apa semua ini cukup jadi bekal tembus dunia kerja? Yakin? Bagaimana jika ditambah membekali diri dengan softskill lain serta mengembangkan potensi diri? Misalnya dengan ikut unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti yang ditawarkan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kali ini.

UKM Permainan

Bagi yang suka olahraga permainan, tenang UAJY memiliki ragam yang lengkap. Dari basket (Instagram @uajybasketball), voli (https://ukmvoliuajyblog.wordpress.com/), bulutangkis (Instagram @bulutangkis_uajy), renang (Instagram @swimming_uajy) hingga tenis lapangan (Instagram @tennis_uajy).

Advertisement

Bagi penyuka bola ada juga UKM sepakbola (Instagram @sepakbolauajy). Di Tingkat fakutas, seperti di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) pun memiliki klub futsal bernama PS I LoveYou (Instagram @futsalfisipuajy). Uniknya, unit ini tidak memandang gender. Dalam satu tim, bisa jadi ada personel cowok dan cewek. Tertarik? Mau ikutan yang lagi hype?

Baca juga: Tekan Kejahatan Digital Jelang Pemilu, 9 Daerah Ini Dilengkapi Timsus Siber

Bagaimana jika ikut e-sport? Berdiri sejak 2019, UKM bernama Unisec ini bertujuan menjadi komunitas yang memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang E-Sport dan memfasilitasi pelatihan bagi anggota UNISEC untuk mengikuti kompetisi E-Sport baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Simak info terkini UKM ini melalui Instagram @unisec.uajy.

UKM Bela Diri

Tae kwon do (Instagram @ taekwondo_uajy), inkai (Instagram @karateuajy), merpati putih (Instagram @mpatmajaya), boxer/tarung drajat (Instagram @boxer_satlatatmajaya), pro patria (Instagram @ swipropatria_uajy), aikido (Instagram @aikidouajy) dan kyokushinkai (Facebook UKM Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai UAJY).

Soal prestasi? Belum lama ini tiga mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meraih medali emas pada Kejuaraan Nasional Karate Terbuka “Yogyakarta Open Tournament II 2022” yang berlangsung pada 14-16 Oktober di GOR Amongrogo Yogyakarta.

UKM Seni

Di bidang seni setidaknya ada empat UKM, yakni paduan suara mahasiswa atau PSM (Instagram @ psmuajy), marching band (Instagram @ mbatmajayayogyakarta), Teater Lilin (Facebook Teater Lilin) dan Seni Budaya Nusantara (Instagram @ ukmsbnatmajogja).

Nah, baru pertengahan tahun lalu PSM UAJY kembali menorehkan prestasi di kancah internasional dalam kompetisi The 13th International Choral Festival Orientale Concentus (ICFOC) di Singapura pada 30 Juni-3 Juli 2023. PSM UAJY meraih dua kategori, yaitu kategori Chamber Category dengan penilaian 85,47 points pada Gold Grade II. Kategori kedua Folksong dengan penilaian 89,20 points yang sekaligus merupakan nilai tertinggi dalam kategori Champion Winner Folksong Category - Gold Grade II. Selain itu, PSM UAJY juga masuk dalam nominasi Grand Prix sebagai Finalist yang merupakan lima tim terbaik dengan membawakan lagu berjudul Locus Iste dan Untuk Hati yang Terluka.

UKM Lainnya

Belum puas? Bagaimana dengan ragam UKM ini? Untuk yang suka bidang jurnalistik bergabung dalam Pasti. Informasi selanjutnya dapat membuka https://issuu.com/pastipress. Kalau mau belajar lebih detail soal koperasi bisa bergabung di Kopma UAJY (Instagram @ kopmauajy). Bagi yang suka sesuatu menantang, mungkin UKM selam (Instagram @uajy_divingclub), renang (Instagram @Swimming_uajy) atau pencinta alam Palawa (Instagram @palawauajy). Last but not least, yang ingin menjajal kemampuan asing, mungkin CTC –English Debate (Instagram @ctcuajy) dapat menjadi pilihan. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengusaha Sumbangkan Rp27 Miliar untuk Timnas Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement