Advertisement

UAD & UTem Malaysia Latih Warga Morten

Media Digital
Senin, 09 Oktober 2023 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
UAD & UTem Malaysia Latih Warga Morten Suasana pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kampung Morten, Malaysia (IST)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerja sama dengan Fakulty Teknologi Kejuruteraan Mekanikal Pembuatan (FTKMP) Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) menggelar pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kampung Morten, Malaysia pada Agustus 2023 secara luring dan September 2023 secara daring.

Kegiatan dilakukan dengan memberikan tiga materi sosialisasi dan pelatihan yaitu pengetahuan tentang pemanfaatan buah pisang menjadi bahan olahan makanan, pengetahuan tentang pemanfaatan kulit pisang menjadi ecoenzym dan pengetahuan tentang penglolaan sampah minyak goreng menjadi lilin dan sabun. Diampu tiga dosen, yaitu Utaminingsih Linarti dari Program Studi Teknik Industri; Retnosyari Septiyani Syafi'i dari Program Studi Bisnis Jasa Makanan dan Ika Dyah Kumalasari dari Program Studi Teknologi Pangan. Adapun PkM merupakan kolaborasi antara Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB).

Advertisement

Masyarakat kampung morten merupakan masyarakat melayu asli (tradisional) yang terpelihara. Bahkan mereka masih mempertahankan cara hidup yang tidak banyak berubah dengan bentuk rumah yang masih asli bangunan panggung dengan bahan kayu. “Sangat menarik dan menyenangkan dapat berbagi pengetahuan melalui sosialisasi maupun pelatihan, warga kampung morten juga sangat antusias untuk mengikuti PkM tersebut,” kata Utaminingsih Linarti dalam rilis, Senin (9/10/2023). (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerjasama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement