Advertisement

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Esai Andai Aku Jadi Presiden 2024, Peserta dari Pelosok Sempat Terkendala Internet

Sunartono
Minggu, 04 Februari 2024 - 09:17 WIB
Sunartono
Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Esai Andai Aku Jadi Presiden 2024, Peserta dari Pelosok Sempat Terkendala Internet Pengumuman lomba menulis esai bertajuk Andai Aku Jadi Presiden 2024 secara daring. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 605 pelajar dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti lomba menulis essai bertajuk Andai Aku Jadi Presiden 2024 yang digelar Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII. Para pemenang kompetisi ini telah diumumkan secara daring pada Sabtu (3/2/20204).

Wakil Dekan bidang Sumber Daya FTI UII Agus Mansur menjelaskan lomba ini diikuti 605 peserta dari 429 sekolah yang berasal dari 28 provinsi. Ia mengapresiasi keterlibatan para peserta dari berbagai provinsi termasuk daerah pelosok. Kompetisi itu harapannya dapat menumbuhkembangkan rasa cinta, karena banyak orang khawatir terhadap generasi muda khusus generasi z mencintai bangsa.

Advertisement

Lomba kali ini sebagai pemantik mengungkap sensitifitas ide segar anak muda untuk bisa memberikan gagasan dalam memajukan bangsa dan negara.

BACA JUGA : Kader Posyandu Se-Kecamatan Jetis Ikut Lomba Kreasi Mpasi

"Banyak sekali original ide dari peserta yang menurut saya luar biasa. Tetapi dewan juri harus menentukan siapa pemenangnya. Kami saring 20 peserta untuk melakukan presentasi secara daring hingga akhirnya kami memutuskan siapa yang paling terbaik," katanya.

Beberapa pelajar dari daerah pelosok sempat ada yang masuk nominasi finalis. Menariknya, saat melakukan presentasi sempat terkendala internet tetapi mereka memiliki semangat yang luar biasa. "Karena mungkin mereka tinggal di daerah dengan kondisi sinyal kurang bagus, kami apresiasi juga para guru yang mendampingi mereka," ujarnya.

Adapun Juara 1 dalam kompetisi ini diraih Ahmad Sarifudin dari SMA N 1 Prempun Kebumen, Juara 2 Muhammad Fadjrin Barokna Hawlah dari SMK Negeri 2 Surakarta Kota Surakarta/Jawa Tengah dan Juara 3 Chazera Euforideva Widhiarto wakil dari SMAN 3 Taruna Angkasa Jawa Timur Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA : Ratusan Siswa Kulonprogo Akan Lomba MTQ, Diharapkan jadi Generasi Qurani

Panitia juga mengumumkan juara harapan yang terdiri atas uara Harapan 1 Muhammad Raihan Yusuf Arroyani dari MAN 1 Yogyakarta, Juara Harapan 2 Alicia Elisabeth Novianne Nabung dari SMA Swasta Santu Klaus Kuwu, Ruteng - Manggarai - NTT dan Juara Harapan 3 Muhammad Andrio Fauzi dari SMA Bosowa School Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya sangat bangga diberikan kesempatan masuk finalis dan bisa presentasi karya di depan para ahli. Tentu ini akan menjadi motivasi saya ke depan," kata Muhammad Andrio Fauzi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement