Advertisement

Siap Dilelang, Pembangunan Gedung Relokasi SMPN 1 Wates Tahun Ini Dianggarkan Rp4 Miliar

Triyo Handoko
Jum'at, 23 Februari 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Siap Dilelang, Pembangunan Gedung Relokasi SMPN 1 Wates Tahun Ini Dianggarkan Rp4 Miliar Gedung baru SMPN 1 Wates. Foto diambil Jumat (23/2/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dimulai sejak 2018 lalu, pembangunan gedung baru SMPN 1 Wates kini sudah memasuki tahap IV. Gedung baru yang dibangun di Kalurahan Wates itu ditargetkan dapat dipakai pada 2026.

Tahap pembangunan ke-4 ini dianggarkan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo sebesar Rp4 miliar. Anggaran itu untuk meneruskan pembangunan gedung perkantoran SMPN 1 Wates.

Advertisement

Sempat terhenti proses pembangunanya saat Covid-19, pada 2023 lalu dilanjutkan dengan membangun gedung kelas total ada 18 ruangan. "Selain itu ruang penunjang lain seperti laboratorium dan lainnya juga sudah jadi, ini tinggal bagian kantor, lalu nanti dilanjut pembangunan landscape, dan terakhir sarana prasarana seperti kursi dan meja," kata Kepala Bidang SMP Disdikpora Kulonprogo, Dorojatun Kuncoroyakti, Jumat (23/2/2024).

Sistem pengerjaan pembangunan gedung baru itu, kata Kuncoro, dilakukan melalui tender yang kini sudah memasuki tahap konsultasi pelelangan. "Setelah ini akan kami buka lelang, setelah ada pemenang segera dikerjakan untuk tahap IV," kata dia.

Kuncoro menjelaskan pembangunan gedung baru itu dimaksudkan sebagai bentuk relokasi lantaran gedung lama SMPN 1 Wates akan diubah jadi ruang terbuka hijau (RTH). "Lokasi gedung lama dekat Alun-Alun Wates, rencananya untuk perluasan RTH di sana," jelasnya.

Selain untuk perluasan RTH, gedung lama SMPN 1 Wates yang hingga kini masih digunakan dinilai tak efektif. "Tidak efektif pembelajarannya karena ada dua unit gedung, yang satu dekat Alun-Alun Wates itu yang satu lagi dekat SD Percobaan Wates, mobilisasi guru jadi tidak efektif karena dua gedung itu," ungkapnya.

BACA JUGA: Pembangunan SMP Negeri 1 Wates Telan Anggaran Rp14 M

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kulonprogo, Arif Prastowo menjelaskan pembangunan gedung baru ini juga untuk meningkatkan layanan pendidikan di Bumi Binangun. "Khususnya di Wates, ada peningkatan sarana prasarana dan fasilitas di lokasi baru ini, agar layanan pendidikan terus meningkat," tuturnya.

Arif berharap gedung baru SMPN 1 Wates ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. "Gedungnya cukup besar, suasana lokasinya juga cukup tenang dan kondusif untuk mendukung proses pembelajaran."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement