Advertisement

Cek! Ini Jumlah Kuota Jalur Prestasi dan UM-PTKIN UIN Jogja serta Cara Mendaftarnya

Sunartono
Selasa, 27 Februari 2024 - 07:07 WIB
Sunartono
Cek! Ini Jumlah Kuota Jalur Prestasi dan UM-PTKIN UIN Jogja serta Cara Mendaftarnya Pelaksanaan sosialaisasi SPAN-UMPTKIN UIN Sunan Kalijaga Jogja yang diikuti SMA sederajat. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—UIN Sunan Kalijaga Jogja membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur prestasi atau dikenal dengan Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Melalui jalur ini dibuka untuk kuota 575 kursi mahasiswa baru bagi lulusan SMA sederajat hingga lulusan pondok pesantren.

Ketua Admisi UIN Sunan kalijaga Jogja Aulia Faqih menjelaskan pengisian data oleh sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dimulai sejak 22 Januari hingga 10 Februari 2024 melalui laman https://pdss.ptkin.ac.id. Siswa yang sudah terdaftar di PDSS dapat melakukan pendaftaran sampai 15 Maret 2024 melalui laman https://siswa.ptkin.ac.id menggunakan NISN dan email aktif. Setelah mendapatkan validasi yang dikirim ke email siswa. Siswa yang akan mendaftar, login kembali pada laman https://siswa.ptkin.ac.id untuk mengecek data dan nilai rapor yang telah diisikan di PDSS.

Advertisement

BACA JUGA : Diumumkan Besok, Ini Cara Lihat Hasil Seleksi UTBK 2023

"Jika terdapat data dan nilai yang salah, siswa dapat menghubungi pihak sekolah. Selanjutnya siswa mengupload rapor kelas 10 semester 1 dan 2, kelas 11 semester 1 dan 2, dan kelas 12 semester 1, serta prestasi tambahan. Siswa dapat memilih dua PTKIN dengan memilih dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Setelah semua proses selesai, jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran," ujarnya, Senin (26/2/2024).

Hasil seleksi jalur SPAN-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 2 April 2024 pada laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran. Pada 2024, UIN Sunan Kalijaga menyediakan daya tampung sebanyak 4.775 kuota untuk mahasiswa baru dari semua jalur. Adapun jalur SPAN PTKIN, menyediakan kuota sebanyak 575 kursi dan kuota lebih besar pada jalur UM-PTKIN sebanyak 1.439 kursi.

Adapun pendaftaran jalur UM-PTKIN pada laman https://um.ptkin.ac.id akan dibuka pada tanggal 17 April 2024 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Pada jalur ini calon peserta ujian memiliki kesempatan pilihan maksimal tiga prodi. Peserta wajib melakukan finalisasi pendaftaran hingga cetak kartu peserta ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) sampai dengan tanggal 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB.

Untuk ujian SSE akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni – 30 Juni 2024, sesuai dengan tanggal dan titik lokasi yang tertera di kartu. Peserta akan diberikan materi ujian yang terdiri dari tes potensi akademik, penalaran matematika, literasi membaca, dan literasi ke-Islaman. Hasil ujian akan diumumkan tanggal 8 Juli 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Sunan Kalijaga, Profesor Iswandi Syahputra mengatakan ada sejumlah jalur pendaftaran untuk bisa menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga selain SPAN – UM PTKIN. Khususnya untuk prodi Umum dapat melalui SNBP yang menyediakan kuota 20%, SNBT yang menyediakan kuota 15%, keduanya berbasis sistem, kompetisinya secara nasional, bersamaan dengan universitas negeri se-Indonesia.

BACA JUGA : Biaya Kuliah Kedokteran di 8 Kampus di Indonesia, Salah Satunya UGM

"Beberapa prodi, seperti Ilu Komunikasi akreditasinya sudah Unggul ditambah akreditasi internasional dari FIBAA. Jalur Prodi Prodi Keagamaan; SPAN-PTKIN menyediakan kuota 30 persen, UM - PTKIN 50 persen. Ada lagi jalur mandiri, yang memiliki banyak jalur diantaranya keberagamaman, 3T atau daerah terluar, tertinggal, terdalam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement