Advertisement

PSM Sunshine Voice UMY Gelar Konser Perdana di TBY

Sunartono
Selasa, 05 Maret 2024 - 06:17 WIB
Sunartono
PSM Sunshine Voice UMY Gelar Konser Perdana di TBY Paduan Suara Mahasiswa Sunshine Voice (PSM SSV) UMY menggelar konser perdana mereka yang bertajuk Saraya 1. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paduan Suara Mahasiswa Sunshine Voice (PSM SSV) UMY menggelar konser perdana mereka yang bertajuk Saraya #1. Konser paduan suara tahunan yang digelar di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada Minggu malam (3/3/2024). Konser ini melibatkan 75 anggota PSM SSV dengan dikonduktori oleh Tri Setyo Mutiara.

Konser bertajuk Saraya #1 mengangkat tema Sirius: Born to Rise Shine with Harmonize ini mengangkat perbedaan latar belakang suara berupa sopran, alto, tenor, dan bass yang disatukan dalam harmonisasi paduan suara.

Advertisement

BACA JUGA : Audisi GBN Tingkat DIY Rampung, Ini Daftar Pemenangnya

Pembina PSM SSV UMY Puthut Ardianto mengatakan konser lanjutan rencananya akan digelar setiap tahun. ke depannya. Ia berharap bahwa konser ini dapat menjadi bentuk perayaan perbedaan, mengingat paduan suara merupakan hasil dari proses argumentasi untuk menciptakan suara yang harmonis. Ia berharap konser tersebut menjadi tolok ukur bagi mahasiswa dalam mengadakan pertunjukan seni

“Ini merupakan terobosan bagi PSM SSV dengan menggelar konser yang dapat membuka kesempatan bagi para anggota yang baru bergabung agar nantinya dapat melampaui prestasi yang telah diukir," katanya.

Wakil Rektor UMY bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK Profesor Faris Al-Fadhat konser itu merupkan bentuk perwujudan dalam melestarikan budaya di lingkungan kampus. Indikator paling penting dari baiknya sebuah perguruan tinggi tidak hanya diukur dari pemeringkatan maupun hasil penelitian serta pengabdian, namun juga upaya menjaga keberlangsungan seni dan budaya.

"Konser dari PSM SSV ini menjadi salah satu bentuk representasi atas hal tersebut terutama dalam seni musik. UMY sangat mendukung dan senantiasa mendorong mahasiswa untuk terus berkarya melalui berbagai UKM, terkhusus di bidang kesenian," katanya.

Konser paduan suara berjalan sekitar 2 jam tersebut diisi oleh 12 lagu, terdiri dari beberapa lagu tradisional seperti Lelo Ledhung, Lisoi dan Paris Barantai. Beberapa lagu lainnya bernuansa lebih kontemporer yaitu lagu Dunia Tipu Tipu dan Sayang. Tidak hanya menampilkan paduan suara, penampilan penari latar dari UKM Sentakamudya UMY menjadikan nuansa konser ini lebih hidup, dan beberapa lagu yang ditambah dengan aransemen musik elektronik pun memberikan pengalaman mendengarkan musik yang baru bagi para penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hati-Hati! Penawaran Visa Haji Palsu Beredar di Media Sosial

News
| Sabtu, 27 April 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement