Advertisement

Pendidikan Profesi Arsitek UAJY Cetak Arsitek Profesional yang Melek Teknologi dan Isu Lingkungan

Media Digital
Jum'at, 05 Juli 2024 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pendidikan Profesi Arsitek UAJY Cetak Arsitek Profesional yang Melek Teknologi dan Isu Lingkungan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Departemen Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta membuka program studi pendidikan profesi arsitek (PPAr). Istimewa

Advertisement

JOGJA—Departemen Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta membuka program studi pendidikan profesi arsitek (PPAr) dan menerima pendaftaran para calon profesional di bidang arsitektur. Di program ini, arsitek dipersiapkan menjadi seorang profesional yang diakui secara internasional sesuai dengan Canberra Accord.

Canberra Accord adalah organisasi internasional yang anggotanya merupakan lembaga akreditasi pendidikan dari negara Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Cina, Meksiko, dan Korea, termasuk juga organisasi UIA/UNESCO dan CAA (Commonwealth Association of Architects). Canberra Accord menyepakati sistem akreditasi atau validasi di antara asosiasi anggotanya adalah substansial equivalency atau setara.

Advertisement

Setiap lulusan program studi yang terakreditasi lembaga yang dinaungi Canberra Accord memperoleh atau mendapatkan pengakuan kesetaraan kompetensi lulusan di antara negara-negara Canberra Accord. Ke depan, mereka dapat mengajukan registrasi arsitek atau melanjutkan pendidikan di negara-negara tersebut.

Pengakuan internasional ini juga merupakan bentuk penghargaan kepada para arsitek yang lebih baik maupun mendapatkan kesempatan promosi dalam jenjang karier yang lebih baik. Dengan demikian, semakin lebih cepat mendapatkan sertifikasi keahlian di IAI, arsitek tersebut mendapatkan kesempatan lebih baik untuk melakukan registrasi arsitek di negara lain.

Berkaca dari hal tersebut, UAJY berusaha menjawab kebutuhan tersebut dengan membuka PPAr. Program ini merupakan jenjang lanjutan dari program strata 1 yang telah terintegrasi dari segi capaian pembelajaran dari tiap mata kuliah dalam kurikulum yang telah disusun untuk dapat mempersiapkan mahasiswanya menjadi seorang arsitek professional, sekaligus menyediakan medium bagi lulusan strata 1 untuk melanjutkan pelatihan dan pendidikan untuk menjadi arsitek profesional.

Kekhususan yang ditekankan pada kurikulum Pendidikan Profesi Arsitek UAJY adalah mendidik mahasiswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan arsitektur secara responsif, adaptif dan bernurani, Tak hanya itu, para arsitek juga dididik memiliki perspektif desain keberlanjutan dan desain hijau yang ramah lingkungan. Sebagai upaya menjawab tantangan zaman, PPAr juga mendorong para lulusan memiliki ketrampilan penyusunan dokumen proyek arsitektur secara digital-manual dengan kebaruan pengetahuan-teknologi.

Durasi PPAr bervariasi, biasanya berkisar antara 1 hingga 2 tahun tergantung pada institusi dan negara. Program ini mencakup kombinasi antara pendidikan teoretis dan praktis, termasuk magang atau kerja praktik di perusahaan arsitektur. Setelah menyelesaikan program ini, lulusan biasanya harus lulus ujian lisensi atau sertifikasi yang diselenggarakan oleh badan profesional arsitek di negara masing-masing, seperti Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di Indonesia.

Syarat Pendaftaran

Program Studi PPAr Universitas Atma Jaya Yogyakarta, membuka pendaftaran untuk Tahun Akademik 2024-2025 bagi lulusan Program Studi Sarjana Arsitektur UAJY lulusan yang akan melanjutkan karier sebagai Arsitek.

Adapun syarat pendaftaran sebagai berikut:

Terbuka untuk lulusan S1 Program Studi Arsitektur UAJY lulusan tahun 2019 - 2024

IPK minimal 3.00, nilai Matakuliah Studio Desain semester 5 s.d. 8 prioritas nilai B+ ke atas

Mengisi formulir pendaftaran, melalui web pmb.uajy.ac.id

Mengunggah dokumen pendukung : Scan Ijazah dan Tanskrip Nilai, Scan Sertifikat TOEFL/IELTS dengan minimal skor 450 / 4.0 (EPT adalah syarat yudisium, jika belum memiliki dapat dipenuhi s.d. 3 bulan sebelum yudisium), Curriculum Vitae dengan substansi minimal: Pendidikan, Pengalaman Kerja Praktik/Praktik Kerja, Penghargaan, Portofolio 4 karya perancangan arsitektur (Konsep hingga Pengembangan Desain) dan Scan Sertifikat penghargaan 5 tahun terakhir (opsional)

Seleksi dan Hasil Penerimaan

Seleksi administrasi

Tes EPT bagi yang belum memiliki Sertifikat TOEFL/IELTS dengan minimal skor 450

Wawancara bagi mahasiswa yang lolos seleksi berkas administrasi

Pengumuman seleksi mahasiswa baru PPAr UAJY T.A. 2024-2025 (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Prancis Dukung Penagguhan Pengiriman Senjata untuk Israel

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement