Advertisement

Kamadhis UAJY Wadah Membentuk Spiritual, Jiwa Sosial, hingga Kepemimpinan Mahasiswa

Media Digital
Sabtu, 06 Juli 2024 - 05:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kamadhis UAJY Wadah Membentuk Spiritual, Jiwa Sosial, hingga Kepemimpinan Mahasiswa Komunitas Keluarga Mahasiswa Buddhis Dharma Jaya UAJY (KDJU) menggelar Dhamma Talk belum lama ini. Istimewa

Advertisement

JOGJA—Komunitas Keluarga Mahasiswa Buddhis Dharma Jaya UAJY (KDJU) bukan hanya organisasi keagamaan untuk membentuk spiritual mahasiswa tetapi juga mengembangkan jiwa sosial dan kepemimpinan.

Wakil Ketua Umum KDJU Victorio Max menyampaikan organisasi ini berdiri pada 27 September 2000. Selama hampir 24 tahun berdiri, komunitas ini telah melahirkan banyak mahasiswa yang tak hanya berprestasi secara akademik tetapi juga memiliki jiwa sosial yang tinggi sekaligus memupuk mahasiswa menjadi pemimpin sejak dini.

Advertisement

“Untuk pengurus pada periode 2024 ini berjumlah sebanyak 27orang. Pengurus dan anggota memiliki rasa semangat yang tinggi dalam penyelanggaraan kegiatan maupun program kerja yang dimana anggota juga dapat terlibat secara langsung sebagai kepanitiaan dalam program kerja yang akan dilaksanakan oleh KDJU. Anggota juga mempunyai antusiasme dalam menghadiri acara dari KDJU,” ujarnya saat dihubungi belum lama ini.

Bersama rekannya, Redhita yang didapuk sebagai Ketua Umum KDJU, keduanya bertanggung jawab untuk setiap kegiatan organisasi selama setahun ke depan. Termasuk penyelenggaraan bakti sosial, Dhamma talk, welcome party, kunjungan vihara, gaskeun kuy, dan masih banyak lagi.

Salah satu program KDJU, yakni Dhamma Talk biasanya membahas masalah yang banyak dialami mahasiswa saat ini. Misalnya pada 15 Juni 2024 lalu, KDJU memilih tema "Life Without Fomo: Learning to Make Peace Through Dhamma." Tema ini untuk mengingatkan mahasiswa mengikuti ajaran Dhamma. Adapun Dhamma berasal dari bahasa Pali (bahasa Sanskerta: Dharma) yang berarti hukum atau aturan dalam agama Buddha.

Meski berkuliah di sebuah kampus di bawah yayasan katolik, Victorio mengaku universitas selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan KDJU. Bahkan kampus juga menyediakan berbagai fasilitas kampus agar dapat digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan. Misalnya, kata dia, ketika

Kamadhis melakukan kegiatan gabungan dengan Kamadhis dari universitas lain. “Kami berharap mahasiswa baru khususnya yang bergama Buddha dapat mengembangkan dirinya di KDJU, baik dari sisi spiritualitas, sosial, hingga kepemimpinan,” kata dia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Prancis Dukung Penagguhan Pengiriman Senjata untuk Israel

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement