Advertisement

Mahasiswa Baru Pecahkan Rekor MURI Pembuatan Miniatur Tugu Jogja dari Barang Bekas

Sunartono
Rabu, 25 September 2024 - 09:17 WIB
Sunartono
Mahasiswa Baru Pecahkan Rekor MURI Pembuatan Miniatur Tugu Jogja dari Barang Bekas Mahasiswa baru Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memecahkan rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan membuat kreasi miniatur Tugu Jogja terbanyak menggunakan barang bekas. - Istimewa/UMY.

Advertisement

Harianjogjacom, JOGJA—Mahasiswa baru Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memecahkan rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan membuat kreasi miniatur Tugu Jogja terbanyak menggunakan barang bekas.

Sebanyak 913 miniatur Tugu Jogja dari bahan bekas tersebut dipamerkan dalam kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf) FT UMY di Halaman Gedung FT UMY, Selasa siang (24/9/2024). Rekor MURI ini diserahkan oleh Kepala MURI Semarang, Ari Andriani dan Representatif MURI Indonesia Sri Widayati, kepada Rektor UMY dan Dekan Fakultas Teknik UMY.

Advertisement

BACA JUGA : Gunungan Oleh-Oleh Setinggi 11 Meter di Malioboro Pecahkan Rekor Muri

Dekan Fakultas Teknik UMY Aris Widyo Nugroho menjelaskan pembuatan miniatur Tugu Jogja dari bahan bekas ini dipilih karena merupakan identitas Jogja. Selain itu juga bertujuan untuk melestarikan kearifan lokal, membantu mengurangi krisis sampah yang terjadi di Jogja, sekaligus meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk mengolah limbah menjadi karya yang bernilai. Sebelumnya, FT UMY telah mencatat rekor MURI pembuatan desain miniatur masjid modern terbanyak pada tahun 2019.

"Sebagai mahasiswa Teknik, mereka harus sadar akan pelestarian lingkungan dan dilatih untuk memahami desain bangunan. Tugu adalah salah satu identitas dari Jogja yang konstruksinya khusus, sehingga kami sebagai orang Teknik bisa mengamati dan mendesain atau membuat polanya. Ini juga sebagai latihan untuk mahasiswa baru bagaimana membuat suatu bentuk model dari suatu bangunan, dan kami memilih tugu karena Tugu adalah ciri khas dari Jogja,” kata Aris dalam rilisnya.

Proses pembuatan miniatur Tugu Jogja ini sudah dimulai sejak bulan Agustus setelah pengumuman penerimaan mahasiswa baru. Di mana ada proses penugasan di bulan Agustus, kemudian mereka diberi contoh model untuk pembuatan miniatur secara online. Di pra-Mataf, mahasiswa baru mulai membangun.

"Prosesnya lama, dari penugasan, pemberian petunjuk, hingga bagaimana membuat dasarnya. Inovasinya tergantung mahasiswa dan tentu harus dibuat dari bahan-bahan bekas,” ujarnya.

BACA JUGA : Festival Kuliner Mataraman, Penyajian Ribuan Porsi Mi Lethek Pecahkan Rekor Muri

Rektor UMY, Profesor Gunawan Budiyanto menilai pemecahan rekor MURI yang ke-14 bagi UMY, diawali September 2005, dan yang terbaru screening kesehatan gigi dan mulut menggunakan aplikasi IDCRA, yang ditemukan oleh mahasiswa FKG UMY. Untuk Fakultas Teknik sendiri sebelumnya telah mencatat rekor MURI dengan memprakarsai pembuatan desain masjid modern oleh mahasiswa terbanyak pada 8 Agustus 2019.

"Ini dikategorikan sebagai kegiatan yang mengangkat kearifan budaya lokal, sehingga MURI menyampaikan bahwa pembuatan miniatur Tugu Jogja sebanyak 913 resmi tercatat di MURI," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo: Kesejahteraan Rakyat Saat Ini Didahulukan Daripada Kekuatan Pertahanan Negara

News
| Kamis, 26 September 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement