Advertisement

Ratusan Pelajar Diberi Beasiswa Hasil Sumbangan Gaji PNS Disdikpora DIY

Sunartono
Rabu, 18 Januari 2023 - 08:07 WIB
Sunartono
Ratusan Pelajar Diberi Beasiswa Hasil Sumbangan Gaji PNS Disdikpora DIY Penyaluran beasiswa untuk pelajar dari jenjang SD hingga SMA di wilayah DIY, Selasa (17/1/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 507 pelajar dari jenjang SD hingga SMA di wilayah DIY diberikan bantuan beasiswa dari hasil sumbangan atau zakat infak sedekah (ZIS) para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Disdikpora DIY. Bantuan beasiswa itu disalurkan di Kantor Disdikpora DIY, Selasa (17/1/2023).

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya menjelaskan beasiswa itu diberikan kepada 149 siswa SD, 88 siswa SMP, 82 pelajar SMA, 88 pelajar SMK dan 102 pelajar SLB di seluruh DIY. Adapun nominalnya berbeda-beda, bagi siswa SD memperoleh Rp1 juta per siswa, SML Rp1,2 juta, SMA dan SMK sebesar Rp1,5 juta dan SLB senilai Rp1 juta. “Total beasiswa yang disalurkan sebesar Rp608 juta,” katanya, Selasa.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Ribuan Pelajar DIY Peroleh Manfaat Danais Lewat Beasiswa

Para pelajar penerima beasiswa tersebut secara umum memiliki syarat kurang mampu dan tidak terdaftar sebagai penerima bantuan maupun beasiswa dari pemerintah. Selain itu dalam satu keluarga memiliki beban tanggungjawab anak sekolah lebih satu pelajar juga masuk dalam kriteria penerima. Selain dari pihak luar, beberapa di antaranya ada dari kalangan anak dari pekerjua honorer di lingkungan dinas seperti pekerja kebersihan dan petugas keamanan.

“Misalnya dalam satu keluarga anak yang sekolah ada tiga, ini termasuk yang kami berikan bantuan. Karena tujuannya meringankan,” kata Didik.

Didik mengatakan dana beasiswa tersebut dihimpun dari kalangan PNS di lingkungan Disdikpora DIY. Selain disalurkan untuk beasiswa juga melalui Baznas untuk program lain. “Ini hasil penggalangan ZIS tidak sampai setahun,” katanya.

Ia berpesan kepada penerima beasiswa agar memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan pendidikan. Oleh karena itu para orangtua harus memantau penggunaan beasiswa tersebut. Beberapa contoh yang diperbolehkan dana tersebut antara lain untuk membeli tas, buku, sepatu hingga kuota internet untuk mendukung proses pembelajaran.

BACA JUGA : Ribuan Siswa SMA dan SMK di Bantul Terima Beasiswa PIP

Hanya saja, ia mengingat terkait pembelian kuota internet harus dibatasi jangan sampai hanya digunakan untuk bermain gim di gadget.  “Orangtua tolong dibantu cara menyalurkan yang diterima putra putri supaya mempermudah dalam akses pendidikan, dalam mencapai cita-cita. Dana ini memang tidak besar tetapi dapat mengurangi beban dan mendapatkan Layanan pendidikan menjadi lebih baik. Kurangi kegiatan yang sifatnya tidak perlu.

“Bukan berarti melarang menggunakan gadget, tetapi harus pada tempatnya, untuk kegiatan positif untuk mencari materi belajar. Karena sumber belajar tidak hanya guru tetapi dengan dipandu guru bisa diarahkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement