Advertisement

Kampus Penerima Hibah Erasmus Mulai Terapkan Modul iHiLead

Sunartono
Selasa, 21 Februari 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Kampus Penerima Hibah Erasmus Mulai Terapkan Modul iHiLead Perwakilan Erasmus saat memberikan sambutan dalam kegiatan evaluasi program iHiLead. - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah kampus di Indonesia mendapatkan hibah Erasmus+ iHiLead (Indonesian Higher education Leadership). Misi dari proyek ini untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan di lingkungan kampus untuk membentuk proses akademik yang lebih baik.

Evaluasi program piloting iHiLead Leadership Management Development Program (LMDP) telah tuntas pada akhir tahun 2022 dan dilakukan evaluasi di Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogja pada Senin (20/2/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Libatkan Universitas di Eropa, 7 Kampus Pelopori Sekolah

Universitas mitra sebagai penerima hibah di seluruh Indonesia pun mempersiapkan pelaksanaan pelatihan LMDP di setiap universitas lain yang akan dimulai pada awal 2023. Hasil pilot project inilah yang dilakukan evaluasi sebagai sarana untuk mengembangkan kembali LMDP agar setiap universitas mitra memiliki semua kebutuhan seperti penyempurnaan modul, strategi, perangkat menjalankan implementasi.

“Kami telah merencanakan untuk mengimplementasikan modul proyek iHiLead dalam waktu dekat, pertama-tama kepada Dekan dan Wakil Dekan kami dan akan dilanjutkan kepada para pemimpin lain yang ada dan potensial di UAD, dari jaringan kami, dan dari konsorsium kami dari tujuh universitas dari tim iHiLead,” kata Rektor UAD Muchlas.

Ia menegaskan kampusnya memiliki komitmen kuat untuk mendukung proyek tersebut, tidak hanya dengan mendelegasikan staf terbaik, tetapi juga menyediakan ruang untuk mendirikan laboratorium dan mempromosikan proyek tersebut kepada mitra jaringan. Muchlas optimistis program pelatihan kepemimpinan yang dihasilkan proyek itu dapat berdampak pada kemajuan sektor pendidikan tinggi di Indonesia.

“Ada sejumlah pelatihan kepemimpinan yang berfokus pada pendidikan tinggi. Oleh karena itu, program pelatihan iHiLead akan menjadi pilihan yang menjanjikan untuk memperkuat pemimpin yang ada dan mencetak pemimpin masa depan pendidikan tinggi Indonesia,” katanya.

BACA JUGA : Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Sedang Dibuka

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggil Wilayah V Profesor Aris Junaidi berharap program Erasmus+ iHilead memberikan dampak positif bagi kampus dan dapat diterapkan dengan baik berbagai modul dan perangkat yang dihasilkan selama proyek berlangsung.

Proyek ini diberi nama Indonesia Higher Education Leadership (iHiLEAD) didukung oleh Erasmus+ Capacity Building in the filed og Higher Education (CBHE). Sejumlah kampus yang terlibat selain UAD, adalah Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Brawijaya, Unviversitas Negeri Semarang, STIE Malangkucecwara dan Universitas Presiden. Adapun perguruan tinggi asing yang terlibat terdiri atas University of Gloucestershier di United Kingdom, International School and Business Studies di Slovenia dan University of Granada di Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement