Advertisement

5 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Menyambut Malam Lailatul Qadar

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 13 April 2023 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Menyambut Malam Lailatul Qadar Lailatul Qadar - Istockphoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meski ketepatan malam lailatul qadar tidak diketahui secara pasti di antara sepuluh malam terakhir Ramadan namun para umat Islam dapat melakukan amalan baik, yang nilainya setara dengan melakukan kebaikan selama sekitar 83-84 tahun.

Berikut ialah lima amalan yang dapat dilakukan pada sepuluh malam terakhir guna mendapatkan kemulian malam lailatul qadar.

Advertisement

1. Salat Malam

Memperbanyak salat sunnah saat malam lailatul qadar seperti salat malam ialah salah satu cara untuk mendapat kemuliaan pada malam ini. Dalam hdais riwayat Bukhari Muslim dari Aisyah RA, istri Rasulullah SAW. menyebutkan bahwa ketika memasuki sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan, Rasulullah SAW, membangunkan keluarganya dan menghidupkan malam-malam tersebut dengan memperbanyak ibadah.

2. I’tikaf

I’tikaf ialah kegiatan berdiam diri di dalam masjid namun diikuti pula dengan melakukan amalan lainnya seperti yang paling utama ialah tadarus Al-Qur’an, memperbanyak dzikir, tafakkur, membaca tasbih, hingga qiyamulail atau waktu salat malam tiba.

Ada pula rukun dan syarat melaksanakan I’tikaf yakni sebagai berikut.
Rukun i’tikaf yang harus dikerjakan di saat melaksanakannya,
- Niat (Nawaitu an a'takifa fī hādzal masjidi mā dumtu fīh)
- Berdiam diri di masjid (sekurang-kurangnya selama tuma’ninah shalat)
- Masjid, namun di mazhab hanafi bagi perempuan dibolehkan untuk i’tikaf di rumah
- Orang yang beri’tikaf

Sedangkan syaratnya ialah muslim, berakal, dan suci dari hadats besar. I’tikaf sendiri dapat dilakukan siang maupun malam hari.

3. Membaca doa Lailatul Qadr

Salah satu amalan lain yang dapat mudah dilakukan untuk menyambut malam lailatul qadar ialah membaca doa Lailatul Qadr. Amalan ini berasal dari Aisyah RA, sebagaimana diriwayatkan oleh at-Tirmidzi.

"Wahai Rasulullah, bagaimana bila aku mengetahui malam lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan?" Beliau menjawab, "Ucapkanlah, Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni (Ya, Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan suka memberi maaf, maka maafkanlah aku)'." (HR. at-Tirmidzi).

4. Memperbanyak Istighfar pada Waktu Sahur

Amalan selanjutnya ialah memperbanyak membaca istighfar pada waktu sahur dan lebih baik lagi jika membaca sayyidul istighfar.

"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau." (HR. Bukhari).

5. Sedekah

Melansir dari laman NU Online, sedekah di hari-hari biasa Allah janjikan akan dibalas dengan 10 kebaikan, bila digambarkan saat seseorang bersedekah bagaikan orang yang menanam satu bebijian yang kemudian tumbuh menjadi 7 ranting dimana setiap ranting akan menghasilkan 100 buah.

Lantas, seberapa besar balasan bagi seseorang yang bersedekah di malam lailatul qadar? Tentu tidak terhitung jumlahnya, maka dari itu tidak heran jika amalan ini juga begitu dahsyat dengan amalan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement