Advertisement

Kenali Berbagai Jenis Vitamin Serta Manfaatnya bagi Tubuh

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 23 Mei 2023 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Berbagai Jenis Vitamin Serta Manfaatnya bagi Tubuh Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Vitamin dan mineral dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi agar tercipta tubuh yang sehat. Vitamin merupakan sekumpulan zat yang dibutuhkan agar sel berfungsi normal serta membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat 13 vitamin yang dibutuhkan agar tubuh dapat bekerja dengan baik dan terbagi atas dua kategori yakni:

Advertisement

- Vitamin yang larut dalam lemak kemudian tersimpan dalam hati, jaringan lemak, dan otot tubuh antara lain vitamin A, D, E, dan K. Vitamin ini lebih mudah diserap oleh tubuh dengan adanya lemak makanan.

- Vitamin yang larut dalam air tidak disimpan dalam tubuh, sembilan vitamin lain yakni vitamin C dan semua vitamin B. Jika terdapat sisa atau kelebihan vitamin ini akan dikeluarkan melalui urine. Vitamin harus dikonsumsi secara teratur untuk mencegah kekurangan dalam tubuh terkecuali vitamin B12, yang dapat disimpan di hati selama bertahun-tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin perlu mengonsumsi berbagai makanan mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan susu maupun sumber protein lain yang kaya akan vitamin tertentu.

Baca juga: 2 Terduga Pelaku Penipuan Penjualan Tiket Coldplay Ditangkap

Jika tubuh mengalami defisiensi vitamin dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan osteoporosis.

Menghimpun dari berbagai sumber berikut manfaat dari vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh:

1. Vitamin A: Selain menjaga kesehatan mata vitamin A juga berfungsi membantu membentuk serta menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, selaput lendir, dan kulit.

2. Vitamin B1 (Tiamin): membantu sel-sel tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi serta menjaga kesehatan fungsi jantung dan sel saraf.

3. Vitamin B2 (Riboflavin ): bekerja sama dengan vitamin B lain dalam membantu tubuh mengolah energi dari makanan, memproduksi sel darah merah, membantu sel tubuh membakar lemak, dan menjaga kesehatan kulit.

4. Vitamin B3 (Niacin): membantu menurunkan kolesterol pada dosis tinggi membantu serta menjaga kesehatan kulit dan saraf.

5. Vitamin B5 (Pantotenat Acid): berperan penting dalam metabolisme makanan serta berperan dalam produksi hormon dan kolesterol.

6. Vitamin B6 (Piridoksin): Membantu pembentukan sel darah merah, menggunakan sekaligus mengolah cadangan gula menjadi energi, menjaga fungsi otak, saraf, dan kulit, serta vitamin yang dibutuhkan untuk metabolisme protein.

7. Vitamin B7 (Biotin): Berperan penting untuk metabolisme protein serta karbohidrat dan dalam produksi hormon dan kolesterol.

8. Vitamin B9 (Folat): Bekerja sama dengan vitamin B12 dalam membantu pembentukan sel darah merah yang diperlukan guna memproduksi DNA serta mengontrol pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. Kekurangan Folat pada wanita hamil berpotensi meningkatkan cacat lahir seperti spina bifida.

9. Vitamin B12: tak hanya penting bagi metabolisme tubuh dan pembentukan sel darah merah serupai vitamin B lainnya namun juga penting untuk menjaga sistem saraf pusat.

10. Vitamin C (asam askorbat): antioksidan yang membantu tubuh menyerap zat besi, meningkatkan kesehatan gigi dan gusi serta jaringan yang sehat. Hingga membantu proses penyembuhan luka.

11. Vitamin D: Vitamin yang didapat saat terpapar sinar matahari, sebab vitamin baru diproduksi tubuh setelah berada di bawah sinar matahari, sekitar 10 hingga 15 menit sinar matahari setidaknya 3 kali bagi orang yang tinggal di dekat garis khatulistiwa.

Tidak heran jika orang yang jauh dari garis khatulistiwa tidak menghasilkan cukup vitamin D karena sinar matahari yang tidak cukup. Vitamin D berfungsi membantu tubuh menyerap kalsium yang memelihara kesehatan gigi dan tulang, serta menjaga kadar kalsium dan fosfor darah dengan tepat.

12. Vitamin E adalah sejenis antioksidan dikenal pula sebagai tokoferol untuk untuk melindungi sel-sel dari kerusakan sekaligus memperkuat sistem imun tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, menghambat penuaan, serta mengurangi risiko penyakit katarak dan radang sendi.

13. Vitamin K: tanpa vitamin ini darah akan mengental karena tak melalui proses pembekuan darah dan penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement