Advertisement

Mahasiswa UMY Jawara di Debat Ilmiah Bahasa Arab Nasional

Sunartono
Kamis, 16 November 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Mahasiswa UMY Jawara di Debat Ilmiah Bahasa Arab Nasional Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogykarta (UMY) berhasil meraih juara 1 Lomba Debat Ilmiah Bahasa Arab pada kompetisi Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2023. - Istimewa/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogykarta (UMY) berhasil meraih juara 1 Lomba Debat Ilmiah Bahasa Arab pada kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2023 yang digelar pada 4 hingga 9 November 2023 di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Keduanya adalah Jihan Insyira Zahrani mahasiswa International Program of Islamic Communication (IPICOM) 2021 dan Nahlah Mohammed Y AlThruwi mahasiswa International Program of International Relations (IPIREL) 2021. Tim ini mengikuti perlombaan debat ilmiah Bahasa Arab yang membahas tentang kandungan Al-Qur’an.

Advertisement

BACA JUGA : Gedung PDIN Jogja, Jadi Saksi Puncak Semarak Hari Koperasi ke 76

“Awalnya kami tidak berharap lebih dan alhamdulillah kami berdua punya pemahaman di bagian komponennya. Ketika diumumkan sebagai juara satu Musabaqoh Ilmiah Kandungan Al-Qur’an berbahasa Arab, kami tentu sangat bersyukur dan senang,” ungkap Nahlah sebagaimana rilis Humas UMY, Kamis (16/11/2023).  

Nahlah yang memiliki darah Arab Saudi dari ayahnya ini mengaku bisa memahami dan menyampaikan dengan baik pengucapan Bahasa Arab. Akan tetapi dari segi materi yang harus dia perdalam lebih baik lagi. Ia butuh waktu latihan untuk memperdalam materi selama 1,5 bulan dan latihan yang dilakukan setiap dua kali dalam sepekan. “Karena sebenarnya kalau untuk basic dan aksen Bahasa Arab saya sudah bisa, hanya tinggal memperdalam materinya saja,” ujarnya.

Sejak di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahlah sudah terjun di dunia debat. Namun, awalnya dirinya berkecimpung pada debat Bahasa Inggris. Begitu pula pada perkuliahan, Nahlah mengikuti UKM Student English Activity (SEA) pada posisi English debate.

BACA JUGA : Perkuat Literasi, Perpustakaan Jogja Gelar Lomba Anak Bertutur

Awal mula tertarik dengan debat Bahasa Arab karena adanya kompetisi. Usai kompetisi ia baru menyadari bahwa ia bisa menyampaikan debat dalam Bahasa Arab dengan baik. “Dan ternyata debat Bahasa Arab lebih seru. Karena saya bisa menggunakan kosa kata dalam Bahasa Arab lebih banyak dan lebih beragam, dan itu lebih seru dan asik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement