Advertisement

Program Intan Marsekal Dosen Unisa Yogyakarta, Aksi Nyata Peningkatan Produktivitas Pokdakan Mina Sida Karya

Media Digital
Sabtu, 02 Desember 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Program Intan Marsekal Dosen Unisa Yogyakarta, Aksi Nyata Peningkatan Produktivitas Pokdakan Mina Sida Karya Tim Pengabdian Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian masyarakat di kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Mina Sida Karya Desa Sida Mulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Tim Pengabdian Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian masyarakat di kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Mina Sida Karya Desa Sida Mulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Rangkaian kegiatan ini dilangsungkan di wilayah Pokdakan Mina Sida Karya satu pengurus desa wisata dari Juli hingga Oktober 2023.

Kegiatan tersebut melibatkan Pokdakan Mina Sida Karya yang beranggotakan 8 orang. Tim Intan Marsekal yang terdiri dari Arif Bimantara (Prodi Bioteknologi), M. Nurdin Zuhdi (Prodi Fisioterapi), Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali (Prodi Ilmu Komunikasi), Rinta Arina Manasikana, Dyas Ilham, Raka Al Marij, Nizar Abdurrafi, Najjiya Tsalitsa Maqdisa Mahmuds, dan Erpika Ambar Wahyuningsih memberikan materi dan pelatihan kepada anggota Pokdakan Mina Sida Karya.

Advertisement

BACA JUGA : Tim Riset DRTPM Kolaborasi UMY-UNISA Sampaikan Hasil Riset & Serahkan Buku Luaran Penelitian ke Bupati Sleman

“Mitra sebenarnya memiliki potensi untuk berkembang dengan baik sehingga produktivitas budidayanya dapat meningkat. Namun karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola budidaya gurame, maka usaha yang dilaksanakan selalu kurang optimal,” jelas Arif Bimantara, S.Pi., M.Biotech selaku ketua tim pengabdian masyarakat.

Arif menambahkan bahwa program intensifikasi budidaya perikanan mandiri berbasis sumberdaya lokal (INTAN MARSEKAL) bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki mitra sehingga produktivitasnya meningkat. Program pengabdian yang dilaksanakan meliputi workshop intensifikasi budidaya perikanan, pembuatan sumur bor, workshop produksi pakan mandiri berkelanjutan dan workshop digital branding.

“Program Intan Marsekal sangat membantu kami dalam mengelola budidaya ikan gurame. Selama ini kami masih menggunakan cara tradisional dalam menjadalankan budidaya, setelah mengikuti kegiatan pengabdian terdapat banyak hal yang perlu kami benahi”, kata Ruswanto selaku Kepala Pokdakan Mina Sida Karya.

BACA JUGA : Biro Admisi Unisa Yogyakarta Ajak 110 Guru BK DIY Nonton Bareng Film Budi Pekerti

Ruswanto menyatakan sangat gembira mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi, dalam hal ini UNISA Yogyakarta, dalam meningkatkan produktivitas usaha dari kelompok yang ia pimpin. UNISA Yogyakarta menjadikan program pengabdian menjadi kewajiban bagi seluruh dosen agar ilmu yang dimiliki dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement