Advertisement

57 Tim Berbagai Kota Ikuti Kompetisi Robotech #12

Sunartono
Senin, 11 Maret 2024 - 05:27 WIB
Sunartono
57 Tim Berbagai Kota Ikuti Kompetisi Robotech #12 Sebanyak 57 tim dari berbagai kota di Indonesia mengikuti kompetisi Robotech 12 yang digelar Prodi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (9/3/2024). Kegiatan yang digelar di Sportorium itu bertujuan untuk mengenalkan wawasan tentang teknologi robot ke masyarakat khususnya generasi muda. - Istimewa/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 57 tim dari berbagai kota di Indonesia mengikuti kompetisi Robotech #12 yang digelar Prodi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (9/3/2024). Kegiatan yang digelar di Sportorium itu bertujuan untuk mengenalkan wawasan tentang teknologi robot ke masyarakat khususnya generasi muda.

Analis Kebijakan Ahli Muda dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul Anggun Nastiti Pramushinta yang hadir dalam kompetisi itu mengatakan teknologi menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa di masa depan semakin membutuhkan calon ahli teknologi yang berkompeten. Oleh karena itu kompetisi Robotech #12 dapat berperan sebagai wahana untuk mengaplikasikan pengetahuan ke dalam keterampilan robotik.

Advertisement

BACA JUGA : Keren! Tim Robotik ITNY Ikuti KRTI 2023 di Lampung

“Pembuatan robot yang berbasis Internet of Things dan Artificial Intelligence telah banyak dilakukan untuk mempermudah hidup manusia. Saya harap melalui kompetisi robot ini dapat terjadi evaluasi dan transfer keilmuan antar peserta, sehingga dapat semakin membumikan teknologi robot di Indonesia,” katanya.

Ia mendorong generasi muda harus terus meningkatkan kemampuan dalam bidang yang relevan dengan perkembangan zaman melalui berbagai prestasi, sebagai kunci kesuksesan masa depan bangsa.

Kompetisi Robotech #12 terdiri dari dua kategori lomba yaitu kategori Line Followers dan Sumo. Sebanyak 57 tim peserta dari seluruh Indonesia, baik di tingkat SMP, SMA dan mahasiswa. Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) UMY sebagai penyelenggara dari Robotech #12 dan seluruh rangkaian agenda Electrical Shockwave ditujukan agar dapat mengembangkan kemampuan peserta untuk menciptakan teknologi robot sederhana namun tetap inovatif.

"Melalui kompetisi ini para peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas terkait peluang yang dimiliki jika mendalami dunia teknologi robot. MStudi terkait teknologi dan robotik memiliki lingkup yang sangat luas di level internasional," kata Ketua Program Studi Teknik Elektro UMY Kharisma Trinanda Putra.

Kompetisi robotik berskala nasional adalah karena ingin lebih mengenalkan ke masyarakat luas terkait apa saja yang dapat dipelajari dalam teknologi, khususnya melalui program Teknik Elektro. Termasuk materi yang diajarkan dan peluang yang dapat diraih seperti internasionalisasi, terutama jika ingin melanjutkan studi.

"Saya rasa mahasiswa dapat lebih mempelajari pemahaman terkait teknologi dengan lebih komprehensif melalui sudut pandang internasional yang lebih luas,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement