Advertisement

Tiga Program Studi USD Meraih Akreditasi Internasional dari FIBAA

Media Digital
Rabu, 26 Juni 2024 - 18:37 WIB
Maya Herawati
Tiga Program Studi USD Meraih Akreditasi Internasional dari FIBAA Gedung Universitas Sanata Dharma. - ist - USD

Advertisement

JOGJA—Tiga Program Studi di Universitas Sanata Dharma, yakni Program Studi Sarjana Sastra Inggris, Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris telah mendapatkan akreditasi internasional dari Federation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

Tertanggal 21 Juni 2024, FIBAA Accreditation and Certification Committee (F-ACC) menetapkan bahwa ketiga program studi di atas berhak  menyandang Quality Seal karena yang berhasil terakreditasi sesuai standar mutu internasional. Akreditasi internasional bagi ketiga prodi tersebut berlaku hingga 20 Juni 2028.

Advertisement

Dalam proses akreditasi internasional FIBAA, Program Studi Sarjana Sastra Inggris, Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris dinilai berdasarkan kriteria yang meliputi keunggulan dalam pengajaran, kualitas kurikulum, dukungan bagi mahasiswa, dan kualitas penelitian.

The FIBAA Quality Seal yang diperoleh ketiganya menunjukkan bahwa ketiga program studi tersebut telah memenuhi kriteria-kriteria yang ditetapkan secara internasional.

Keberhasilan meraih akreditasi internasional tentu mendatangkan rasa syukur dan makna tertentu. Seperti yang diungkapkan Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Prof. Concilianus Laos Mbato, M.A., Ed.D.

"Pengakuan internasional ini tidak hanya memvalidasi komitmen program studi Magister PBI terhadap keunggulan akademik namun juga menggarisbawahi keselarasan dengan standar pendidikan global," ungkapnya, Rabu (26/6/2024).

BACA JUGA: Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Veronica Triprihatmini, M.Hum., M.A.

"Di balik capaian itu, ada dedikasi, kerja keras, komitmen, dan kerjasama semua pihak untuk membagikan yang dimilikinya bagi pelayanan terbaik dan bermutu bagi para mahasiswa. Ada kematangan dan kedewasaan relasional yang telah membentuk komunitas pembelajaran di Prodi PBI," tuturnya.

Sementara Kaprodi Sarjana Sastra Inggris, FX. Risang Baskara, M.Hum., Ph.D., memaknai pencapaian ini dapat membuka peluang bagi lulusan Sastra Inggris di kancah global.

"Selain pengakuan atas kualitas pendidikan yang kami selenggarakan dan komitmen kami dalam mengembangkan program studi bertaraf global, pencapaian ini juga menjadi bukti nyata bahwa lulusan kami memiliki kompetensi yang diakui secara internasional, yang tentunya akan membuka lebih banyak peluang bagi mereka di dunia kerja global," katanya.

Keberhasilan ketiga program studi ini tentu juga membawa dampak yang positif dan patut disyukuri seluruh civitas academica USD. Wakil Rektor Bidang Akademik, Pror. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., mengungkapkan bahwa raihan akreditasi internasional ini membawa implikasi untuk perbaikan dan pengembangan berkelanjutan bagi ketiga prodi dan universitas.

"Kami sungguh bersyukur atas capaian yang diraih ketiga prodi ini. Dengan status full-accreditation dari FIBAA ini, ketiga prodi telah diakui kualitasnya di tingkat internasional.Tentunya tantangan di tingkat internasional akan lebih ketat dalam layanan Pendidikan Tinggi. Meskipun demikian, kita yakin akan dapat mengubah tantangan-tantangan yang ada menjadi peluang dan kesempatan untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan berkelanjutan," katanya.

Lalu apa bagaimana ketiga prodi menatap hari-hari depan yang penuh tantangan melalui pengembangan berkelanjutan dengan capaian akreditasi internasional ini?

 "Magister PBI mengantisipasi peningkatan peluang kolaborasi internasional, program pertukaran dosen dan inisiatif mobilitas mahasiswa demi memperkaya perspektif akademis dan budaya. Lebih jauh lagi, akreditasi ini mendorong asesmen dan adaptasi berkelanjutan terhadap tren yang berkembang dalam pendidikan bahasa Inggris secara global untuk memastikan bahwa lulusan kami tetap kompetitif dan mampu memberikan kontribusi yang berarti di bidangnya," ungkap Prof Cons.

"Berani mengusung berbagai terobosan dalam sektor pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Keterbukaan dan keberanian untuk bekerja sama dengan pihak nasional, regional dan internasional menjadi salah satu kunci pokok untuk mengusung berbagai terobosan dan menjadikan Prodi PBI berdampak secara nasional dan global," ujar Veronika Tri Prihatmini.

"Kami berharap dapat memanfaatkan momentum ini untuk mendorong inovasi dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kami berkomitmen untuk memperluas kerja sama internasional, dan mempersiapkan mahasiswa kami untuk menjadi pemimpin global di bidang bahasa dan sastra Inggris. Semoga pencapaian ini menjadi awal dari prestasi-prestasi berikutnya bagi Universitas Sanata Dharma di kancah internasional," kata Risang Baskara. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Luhut: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Harus Meningkat 6 Persen

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement