Advertisement

Tampil sebagai Debutan, Mahasiswa UAD Justru Raih 15 Medali Kompetisi Taekwondo Internasional di Thailand

Sunartono
Senin, 19 Agustus 2024 - 16:47 WIB
Sunartono
Tampil sebagai Debutan, Mahasiswa UAD Justru Raih 15 Medali Kompetisi Taekwondo Internasional di Thailand Mahasiswa UAD menunjukkan medali hasil perolehan dalam kompetisi Heroes Taekwondo International Championship di Assumption University of Thailand. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogjacom, JOGJA—Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih 15 medali dalam ajang bergengsi bertaraf internasional Heroes Taekwondo International Championship 2024 di Assumption University of Thailand pada 10-12 Agustus 2024.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UAD Abdul Rozaq mengatakan Kejuaraan Heroes Taekwondo International Championship 2024 diikuti oleh 2.517 atlet dari 5 benua yang terdiri dari 30 negara. Timnya harus bersaing dengan berbagai atlet perguruan tinggi seantero dunia. Meski sebagai debutan namun timnya berhasil meraih 15 medali terdiri atas 7 medali emas, 3 perak dan 5 perunggu.

Advertisement

BACA JUGA : Peran UKM & Kreativitas Mahasiswa UAJY, Ikut Berkontribusi Mendulang Prestasi

"Kebetulan tim kami memang pertama kalinya mengikuti event ini, targetnya memang berharap mendapatkan juara tapi tidak ditetapkan berapa, dengan hasil ini mungkin lebih dari target dari debutan. Kami bisa bersaing dengan atlet-atlet taekwondo internasional," katanya, Senin (19/8/2024).

Kunci kesuksesan tersebut adalah konsisten berlatih. Timnya selalu menggelar latihan reguler tiga kali dalam sepekan. Selain itu ada latihan training center dan latihan fisik mandiri jelang pelaksanaan kompetisi. "Kami dari Bidang Kemahasiswa mendukung mereka dalam setiap latihan, misalnya berlatih di luar kampus, tentu kami berikan dukungan. Agar mereka bisa berkembang," kata Kabid Pengembangan Kemahasiswaan UAD Danang Sukantar.

Pembina UKM Taekwondo UAD Hadi Suyono menambahkan tim UAD yang berangkat ke Thailand memang punya semangat berkompetisi yang tinggi. Terbukti selama proses tahapan dari pendaftaran sampai ke mengurus atlet di luar negeri tidak melibatkan event organizer. Mahasiswa mengurus secara mandiri berbagai tahapan tersebut.

"Jadi kesuksesan yang diraih tidak hanya mendapatkan medali, tetapi juga sukses pelaksanaan. Karena mereka mengurus keberangkatan sendiri," ujarnya.

BACA JUGA : Mahasiswa ITNY Raih Gelar Penulis Terbaik Esai Mahasiswa pada National Paper Competition 2024

Selain di level internasional, dalam kompetisi UGM Taekwondo Championship 2024 yang diselenggarakan di GOR Pancasila UGM, UKM Taekwondo UAD berhasil memperoleh 20 medali, terdiri dari 10 emas, 3 perak, dan 7 perunggu. Kejuaraan ini diikuti oleh 1.300 atlet dari berbagai daerah di Indonesia.

"Pada kompetisi di UGM ini taekwondo UAD berhasil menjadi atlit terbaik Kyorugi Senior Putri atas nama Nafisa Anindya Kusumo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement