Advertisement

Masyarakat Lombok Utara Apresiasi KKN Kolaborasi UGM

Media Digital
Sabtu, 28 Januari 2023 - 13:07 WIB
Sunartono
Masyarakat Lombok Utara Apresiasi KKN Kolaborasi UGM Rektor UGM Profesor Ova Emilia saat berkomunikasi dengan warga di lokasi KKN UGM Lombok Utara. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Masyarakat memberikan apresiasi pelaksanaan KKN Kolaborasi yang dirintis oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Hal ini dikemukakan oleh Kepala Desa Gili Indah, Wardana, dalam acara kunjungan dan monitoring Rektor UGM dan Ketua Senat Akademik di lokasi KKN Gili Indah, Lombok Utara, Sabtu (28/1/2023).

“KKN UGM bersama Universitas Mataram (UNRAM) ini luar biasa. Kami sempat mengeluh kenapa Gili Indah terlupakan dengan hadirnya KKN. Alhamdulillah tahun ini ada kolaborasi KKN di wilayah kami,” kata Wardana.

Advertisement

Hadirnya KKN Kolaborasi ini, kata Wardana, memberikan manfaat yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Mahasiswa bisa terjun ke masyarakat dan memberikan bimbingan seperti dalam pembuatan jamu hingga tanaman hidroponik.

Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, juga menyambut baik hadirnya KKN Kolaborasi ini. Danny berharap adanya KKN di wilayah Gili Indah mampu meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya di Lombok Utara yang saat ini masih menghadapi beberapa persoalan, seperti kemiskinan dan stunting.

“Kita terus berusaha menurunkan angka kemiskinan maupun stunting di Lombok Utara. Semoga hadirnya KKN dari UGM yang menggandeng UNRAM ini bisa memberikan manfaat nyata,” kata Danny.

Rektor UGM, Profesor Ova Emilia menuturkan hadirnya KKN Kolaborasi di Lombok Utara ini sekaligus menegaskan posisi UGM sebagai Menara Air yang akan selalu memberikan manfaat secara riil kepada masyarakat.

“Tentu harapannya KKN Kolaborasi ini akan memberikan manfaat lebih banyak kepada  masyarakat terutama di Gili Indah,”kata Ova.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi UNRAM, Prof. Akhmaluddin, Ph.D., mengucapkan terima kasih atas sambutan masyarakat Gili Indah. Akhmaluddin berharap KKN Kolaborasi dengan UGM bisa dilanjutkan dan dilebarkan wilayahnya.

KKN Kolaborasi UGM-UNRAM di Gili Indah ini diikuti 12 orang mahasiswa. Dalam pelaksanaan KKN yang berlangsung dari 18 Desember hingga 4 Februari ini mahasiswa mengangkat beberapa program kerja, seperti sosialisasi clean up pantai, planting oksigen, daur ulang sampah, mengajar mengaji serta literasi sekolah.

Dalam kunjungan dan monitoring ini juga dilakukan peresmian Pop Up Market oleh Rektor UGM serta penyerahan buku KKN Kemilau Pemenang 2023 kepada Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement