Advertisement

Paulus Wisnu dan The Jin Ai Jadi Guru Besar UAJY

Sugeng Pranyoto
Kamis, 20 April 2023 - 15:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Paulus Wisnu dan The Jin Ai Jadi Guru Besar UAJY Proses penyerahan SK Guru Besar di UAJY. /Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menambah dua guru besar sekaligus. Sebanyak dua dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI UAJY) menerima surat keputusan tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Selasa (18/4/2023). Mereka adalah Prof. Paulus Wisnu Anggoro, dan Prof. The Jin Ai.

Rektor UAJY, Sri Nurhartanto, mengungkapkan dengan adanya dua guru besar baru dapat menjadi motivasi bagi dosen lainnya. “Selain itu dengan adanya guru besar ini dapat mendatangkan banyak riset yang didanai oleh pihak eksternal untuk memberdayakan dan mengakselerasi yang ada dalam universitas,” ujarnya seperti dalam rilis kepada harianjogja.com, Kamis (20/4/2023).

Advertisement

Dalam sambutannya, Aris Junaidi, mengatakan proses pengajuan guru besar merupakan suatu hal yang tidak mudah, sehingga pencapaian menjadi guru besar ini merupakan suatu hal yang luar biasa.

“LLDIKTI Wilayah V, baru memiliki tiga guru besar dalam bidang keilmuan Teknik Industri yaitu Pak Jin Ai dan Pak Wisnu serta satu dari UII,” kata Aris.

Paulus Wisnu Anggoro mengaku bersyukur karena selalu bertemu dengan orang-orang yang mengajak dia untuk terus belajar. Ia juga mengatakan bahwa UAJY merupakan nilai hidup dan membuat ia tetap bertahan sampai saat ini dengan mengabdikan dirinya sebagai dosen.

“Harapan saya kepada bapak dan ibu dosen mari kita berkolaborasi dan berkarya untuk kepentingan riset,” ungkap Wisnu dalam sambutannya.

Jurnal yang dibuat oleh Wisnu membahas mengenai pengembangan produk implan, salah satunya adalah ceramic jewelery with texture and ornament islamic pattern and batik Indonesia.

“Saya merasa keramik merupakan salah satu produk di Indonesia yang tidak mau menggunakan teknologi modern dan di situ saya memasukkan unsur budaya batik,” jelas Wisnu.

Sementara itu, The Jin Ai berharap melalui kenaikan jabatan ini dapat digunakan untuk berkontribusi pada Teknik Industri Indonesia agar dapat berkembang di dunia Internasional. Adapun bidang keilmuan Teknik Industri yang digeluti oleh Jin Ai adalah body and encore system engineering yang disebut dengan operation and analysis.

“Semenjak saya selesai doktor tahun 2008, saya memilih salah satu bidang keilmuan Teknik Industri yaitu body and encore system engineering yang disebut dengan operation and analysis. Bidang tersebut tercermin dalam jurnal saya yaitu Computer and Industrial Engineering pada tahun 2009,” ungkap Jin Ai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement