Advertisement

Swiss Negara Paling Inovatif, Indonesia Urutan ke-61

Sirojul Khafid
Rabu, 11 Oktober 2023 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Swiss Negara Paling Inovatif, Indonesia Urutan ke-61 Ilustrasi inovasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Swiss menjadi negara paling inovatif tahun 2022. Sementara Indonesia menempati urutan ke-16.

Penilaian tersebut tertuang dalam laporan The Global Innovation Index (GII) 2023 dari The World Intellectual Property Organization (WIPO).

Advertisement

Swiss menempati urutan pertama selama 13 tahun terakhir.

Finlandia (peringkat ke-6) semakin mendekati peringkat 5 besar, dan negara-negara Nordik lainnya seperti Denmark, Swedia, Estonia, Lituania, dan Latvia mempunyai tren peningkatan yang konsisten.

Sementara China, Turki, India, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Iran merupakan negara-negara berpendapatan menengah yang mengalami kemajuan terbesar dalam inovasi selama satu dekade terakhir. China menjadi satu-satunya negara dengan perekonomian berpendapatan menengah yang masuk dalam 30 besar.

Tahun ini, Indonesia bergabung dengan China, Turki, India, Vietnam, Filipina, India dan Iran dalam kelompok negara berpendapatan menengah yang menempati 65 teratas. “Inilah grup yang paling cepat naik peringkat GII dalam satu dekade terakhir,” tulis dalam laporan tersebut.

BACA JUGA: Dorong Inovasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi, Astragraphia Gelar Kelas ASIK di Jogja

Di luar 65 negara teratas, namun masih termasuk dalam 100 besar, terdapat negara-negara berpendapatan menengah dan rendah seperti Maroko (peringkat ke-70), Uzbekistan (82), Mesir (86) dan Pakistan (88). Negara-negara itu juga mengalami kemajuan yang pesat.

Di samping itu, dalam beberapa indikator tertentu, Amerika Serikat, Singapura, dan Israel mendapat skor terbaik. “Amerika Serikat terus memimpin dalam hal jumlah indikator inovasi GII yang menduduki peringkat teratas secara global, mereka terbaik di 13 dari 80 indikator,” tulis dalam laporan. “Singapura terbaik dalam 11 dari 80 indikator dan Israel terbaik dalam 9 dari 80 indikator penilaian.”

Sebagai informasi, WIPO merupakan forum global untuk layanan, kebijakan, informasi, dan kerja sama kekayaan intelektual. Mereka masuk dalam Perserikatan Bangsa Bangsa dan mendanai operasionalnya sendiri. Jumlah anggota terdiri dari 193 negara.

Inovasi Tumbuh Lebih Lambat

Setelah inovasi, penelitian, serta pendanaan pada riset meningkat pesat pada 2021, ada perlambatan di tahun 2022. Ada dugaan, pesatnya inovasi tahun 2021 terkait dengan Covid-19 yang memang sedang menjadi perhatian bersama kala itu.

Publikasi ilmiah tumbuh moderat pada tahun 2022 sebesar 1,5%, menjadi sekitar 2 juta artikel. Berbeda dari 2021, penelitian dan pengembangan global tumbuh pesat sebesar 5,2 persen. Meski tidak sebesar peningkatan pada 2021, ada potensi anggaran litbang pemerintah global tetap meningkat secara riil pada tahun-tahun setelahnya.

“Peningkatan signifikan pada anggaran riil tahun 2022 direncanakan untuk Jepang dan Republik Korea, dan yang lebih kecil untuk Jerman, yang menggantikan pemotongan anggaran penelitian dan pengembangan pada tahun 2022 oleh negara-negara penelitian dan pengembangan terkemuka lainnya,” tulis dalam laporan.

Dari sisi pengeluaran penelitian dan pengembangan di seluruh dunia, utamanya yang berasal dari perusahaan-perusahaan, angka tertinggi sepanjang sejarah tercapai pada tahun 2022 dengan nilai US$1,1 triliun. Namun, belum ada data yang menunjukkan apakah pengeluar dalam bidang tersebut oleh perusahaan berdampak pada inflasi atau tidak.

Beralih ke pengajuan paten internasional, pada tahun 2022 mengalami stagnasi dengan pertumbuhan yang hanya 0,3%. “Ini merupakan rekor paling lambat tingkat peningkatan sejak 2009, namun masih mencapai rekor sekitar 280.000 pengajuan,” tulis dalam laporan.

Indeks Negara Paling Inovatif 2022:

  1. Swiss
  2. Swedia
  3. Amerika Serikat
  4. Inggris
  5. Singapura
  6. Finlandia
  7. Belanda
  8. Jerman
  9. Denmark
  10. Korea Selatan
  11. Prancis
  12. China
  13. Jepang
  14. Israel
  15. Kanada
  16. Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Kecam Serangan Militer Israel ke Rafah

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement