Advertisement

UTY Pamerkan Poster Hasil Proyek Mahasiswa di Mata Kuliah Pancasila dan Agama, Syarat Nilai Toleransi

Media Digital
Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:27 WIB
Catur Dwi Janati
UTY Pamerkan Poster Hasil Proyek Mahasiswa di Mata Kuliah Pancasila dan Agama, Syarat Nilai Toleransi Suasana pameran Poster Hasil Proyek Mahasiswa Mata Kuliah Pancasila dan Agama pada Sabtu (13/1/2024) yang digelar di UTY. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati .

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menggelar Pameran Poster Hasil Proyek Mahasiswa Mata Kuliah Pancasila dan Agama, Sabtu (13/1/2024). Poster-poster hasil karya mahasiwa ini syarat akan nilai toleransi dan kerukunan.

Ketua Pelaksana Hibah MKWK UTY, Mustaqim Pabbajah menilai kegiatan yang diinisiasi oleh Kemendikbud ini sangat positifbagi mahasiswa. Pasalnya mahasiswa diajak memetakan masalah di lapangan secara langsung tidak hanya di dalam ruang kelas.

Advertisement

"Tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas berupa teori-teori tapi melakukan praktik-praktik," kata Mustaqim pada Sabtu (13/1/2024) di Hall Kampus 1 UTY.

BACA JUGA : Belajar Toleransi Beragama, Pemimpin Muda Komunitas Muslim Australia Datangi Wihara Karangdjati

Dari kegiatan ini, lanjut Mustaqim, mahasiswa dapat memperoleh nilai dari luar dan memetakan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Khususnya untuk membangun kerukunan umat beragama, sesuai tema yang diusung.

"Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa-mahasiswa itu lebih banyak terbuka, lebih multikulturalisme, lebih paham tentang keragaman, lebih paham tentang keIndonesiaan dan tentunya membangun nasionalisme yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," tandasnya.

Diikuti kurang lebih 1.500 mahasiswa, animo para peserta didik kata Mustaqim begitu luar biasa. Terbagi kedalam sejumlah kelompok, ratusan poster berhasil dihasilkan sebagai visualisasi dari kegiatan mahasiswa yang sebelumnya turun ke lapangan.

"Ini membuktikan animo mahasiwa cukup baik sekali dan juga mendengar testimoni bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini perlu dilanjutkan," ungkapnya.

Ia menilai kegiatan tersebut bisa membantu nawacita pemerintah untuk terus membangun kerukunan. Mengingat kerukunan yang saat ini dinilai Mustaqim mulai mengalami pergeseran.

Koordinator Mata Kuliah Pancasila dan Ketatanegaraan UTY, Adi Wibawa menilai poster-poster karya mahasiswa yang dikumpulkan  jauh melebihi ekspektasi. Apalagi kegiatan ini merupakan pilot project yang baru semester ini dilaksanakan secara kolaborasi.

"Ke depan ini akan kami kembangkan untuk bisa lebih masif lagi, untuk bisa lebih berdampak lagi terhadap perbaikan di masyarakat dan tentu dengan usaha yang lebih besar lagi. Bahkan di kemudian hari harapan kami kita bisa berkolaborasi antar universitas," ujarnya.

BACA JUGA : Jogja Peringkat 16 Kota Toleran, Pemerintah Perlu Gencar Biayai Kegiatan FKUB

Dari ratusan poster yang dikumpulkan, terpilih tiga poster terbaik sebagai pemegang juara pertama, kedua dan ketiga. Selain itu kampus juga memilih 10 poster terbaik untuk ditampilkan dalam pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenparekraf Ingin Iuran Pariwisata dari APBN

News
| Senin, 29 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement