Advertisement

Universitas Terbuka Gelar Pertemuan OU5 di Jogja, Ini yang Dibahas

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 26 April 2024 - 06:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Universitas Terbuka Gelar Pertemuan OU5 di Jogja, Ini yang Dibahas Rektor UT, Prof. Ojat Darojat (tengah) di sela pertemuan OU5 di Hyatt Regency Hotel, Kamis (25/4 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Universitas Terbuka (UT) menggelar kegiatan rutin Open Universitas 5 (OU5) Meeting 2024. Pertemuan tersebut untuk tahun ini dilaksanakan di Hyatt Regency Jogja pada 24-25 April 2024.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya perbaikan berkelanjutan dengan standar penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTJJ) berskala Internasional. Kegiatan rutin Open Universities 5 (OU5) melibatkan lima perguruan tinggi di Asia Tenggara yang mengusung pendidikan jarak jauh (PJJ).

Advertisement

Kelima perguruan tinggi berbasis PJJ tersebut adalah Universitas Terbuka (UT), Open University of Malaysia (OUM), Sukhothai Thammathirat Open University (STOU), University of the Philippines Open University (UPOU), dan Hanoi Open University (HOU).

"Kami perwakilan empat institusi dari Universitas Terbuka di Asia Tenggara itu membahas banyak strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Seperti pengembangan PTJJ seperti apa untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Open University atau UT ini kan punya peran penting bantu pemerintah tingkatkan kualitas SDM,” tutur Ojat di sela pertemuan OU5 di Hyatt Regency Hotel, Kamis (25/4/2024).

Menurut Ojat, sejumlah isu strategis itu berkaitan dengan quality assurance termasuk pemeringkatan kampus agar lebih pas dengan tantangan global juga turut dibahas. Termasuk soal perengkingan perguruan tinggi yang dinilai tidak sesuai dengan kapasitas UT.

"Pertemuan secara rutin ini telah mengembangkan jaringan dan kolaborasi dalam pengembangan kelembagaan dan penelitian kajian ASEAN dengan topik yang berbeda setiap tahunnya," katanya.

Selain itu, para peneliti OU5 juga akan membahas perkembangan rencana penelitian di tahun 2024. Tak hanya itu, UT dengan Universitas PJJ lainnya akan berkomitmen untuk melakukan pengabdian masyarakat internasional guna memberikan dampak pada komunitas global serta pengenalan berbagai budaya.

Pertemuan ini menjadi wadah penting berbagi pengetahuan dan perspektif, merangsang lahirnya berbagai inovasi, dan mempromosikan kolaborasi yang lebih erat antara pimpinan dan dosen serta peneliti universitas-universitas terbuka atau PTTJJ yang bernaung di OU5 untuk memajukan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di kawasan Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ada Pemasangan Eskalator, Per 6 Mei 2024 Perjalanan Kereta Tujuan Pasar Senin Berhenti di Jatinegara

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement