Advertisement

Atma Biz Expo FBE UAJY Bersama Fransiscus Go

Media Digital
Sabtu, 08 Juni 2024 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Atma Biz Expo FBE UAJY Bersama Fransiscus Go Rangkaian Expo Kewirausahaan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang digelar pada tanggal 6 dan 7 Juni 2024, dengan kuliah umum yang bertajuk Berani Berwirausaha Mengubah Ide Menjadi Bisnis Nyata

Advertisement

JOGJA—Fransiscus Go seorang entrepreneur, alumnus Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan ketua Kamajaya Business Club (KBC), menutup rangkaian Expo Kewirausahaan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang digelar pada tanggal 6 dan 7 Juni 2024, dengan kuliah umum yang bertajuk “Berani Berwirausaha Mengubah Ide Menjadi Bisnis Nyata”

Rangkaian kegiatan Atma Biz Expo yang dibuka oleh W. Mahestu Noviandra Krisjanti Dekan Fakultas Bisnis Dan Ekonomika, mengungkapkan bahwa mahasiswa yang telah belajar kewirausahaan mampu menerapkan dalam dunia bisnis yaitu bisa menjadi wirausaha yang sejati dan nantinya bisa bekerja dengan cara berpikir seperti pengusaha yang selalu berani mengambil risiko dengan berbagai perhitungan yang matang.

Advertisement

BACA JUGA: Asita DIY Ungkap Sudah Ada Turis Komplain soal Sampah di Jogja

Pada kesempatan tersebut dihadiri Dosen Pembimbing yaitu Ivana, Michael sebagai ketua panitia dan ratusan mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan sekaligus membuka tenant. Berbagai macam hasil pembelajaran kewirausahaan yang dieksekusi dan ditampilkan dalam 120 tenant dan dimeriahkan Band dari para mahasiswa.

Kegiatan penutup berupa kuliah umum dengan sambutan dari Michael sebagai ketua panitia Atma Biz Expo dan Anna Purwaningsih selaku wakil dekan satu FBE Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang menyatakan bahwa kuliah umum menghadirkan alumnus yang berhasil dalam dunia usaha merupakan suatu penghargaan tersendiri bagi para mahasiswa sehingga diharapkan mampu menginspirasi dan memotivasi bagi para mahasiswa yang akan mengambil karier di bidang kewirausahaan.

Kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk bisa menajamkan pengetahuan selama di kelas dengan berdialog bersama praktisi.

Fransiscus Go sebagai founder dan owner GMT Property Management mengungkapkan bagaimana Siklus Pengembangan Wirausaha Pemula, pertama-tama harus menggali potensi diri dengan sebuah pertanyaan “apa minat atau keahlian khusus yang saya miliki, dan bagaimana saya bisa mengubahnya menjadi peluang bisnis yang berhasil?”

Langkah kedua berinovasi dan berkembang dengan suatu refleksi “bagaimana saya bisa melatih diri saya untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide inovatif untuk (membedakan) bisnis saya (dari yang lain)?”.

Memahami kebutuhan pasar merupakan tahapan yang ketiga dengan pertimbangan “bagaimana bisa terampil mendengarkan dan merespons kebutuhan dan keinginan sekitar untuk dikembangkan menjadi produk atau layanan saya?”.

Lebih lanjut Fransiscus Go mengatakan bahwa langkah keempat yang tidak kalah penting yaitu membangun jaringan dan kolaborasi. Perlu pertanyaan kritis yaitu “apa langkah konkret untuk memperluas jaringan profesional dan menciptakan kesempatan untuk kolaborasi yang saling menguntungkan?”.

Menurutnya dalam kenyataan bisnis seorang wirausaha harus mampu menghadapi tantangan, sehingga perlu bergumul dan mencari alternatif solusi dengan bertanya “bagaimana mengatasi rintangan dan kegagaln dengan ketekunan, optimisme, dan menggunakan pengalaman sebagai pelajaran untuk terus bertumbuh?”.

Setiap kegiatan yang disebut berwirausaha harus menciptakan dampak positif. Oleh karenanya setiap orang yang ingin berwirausaha harus berani bertanya “bagaimana bisa menyelaraskan tujuan bisnis dengan nilai-nilai sosial, lingkungan, dan menciptakan dampak positif dalam komunitas?” Beliau mengajak mahasiswa berani memulai melangkah, bertindak, perbaharui terus kepercayaan diri.#pram-fbeuajy. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement