Advertisement

Dukung Pemerataan Pendidikan di Bantul, Sekolah Sungai Siluk Binaan PLN Gelar Sekolah Kejar Paket C

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 14 Juni 2024 - 02:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Dukung Pemerataan Pendidikan di Bantul, Sekolah Sungai Siluk Binaan PLN Gelar Sekolah Kejar Paket C Sekolah Sungai Siluk binaan PLN menggelar Sekolah Kejar Paket C atau Setara SMA di Galeri Sekolah Sungai Siluk, Kelurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul, Kamis (13/6 - 2024) ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Salah satu mitra binaan PLN UP3 Yogyakarta, Sekolah Sungai Siluk menggelar Sekolah Kejar Paket C atau Setara SMA di Galeri Sekolah Sungai Siluk, Kelurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul.

Kegiatan PLN ini bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tegal Selo. Pada 2024 ini merupakan tahun pertama Sekolah Sungai Siluk dipercaya sebagai penyelenggara Sekolah Kejar Paket C. Langkah ini untuk mendukung pemerintah dalam pemerataan pendidikan di Kabupaten Bantul.

Advertisement

BACA JUGA: Memperkuat Kelistrikan Jawa-Bali, PT PLN (Persero) UIP JBTB Membangun GISTET 500 kV Paiton dan GITET 500 kV Kalipuro

Pengelola Sekolah Sungai Siluk, Kuat mengungkapkan bahwa Sekolah Sungai Siluk dipilih sebagai pengelola Sekolah Kejar Paket C ini setelah PKBM Tegal Selo tidak bisa melanjutkan kegiatannya di lokasi lama, yaitu pendopo Balai Desa.

"Lalu setelah berdiskusi dengan pihak Desa, Sekolah Sungai Siluk dipilih, dan dengan senang hati kami bersedia untuk menjadi penyelenggara Kejar Paket C bersama PKBM Tegal Selo," ujar Kuat, Kamis (13/6/2024).

Kuat memaparkan bahwa saat ini total ada 60 siswa yang terdiri dari 5 siswa setara kelas 10, 15 siswa setara kelas 11 dan 40 siswa setara kelas 12 yang paling banyak berasal dari Kapanewon Imogiri. Saat ini Kejar Paket C di Siluk hanya tersedia untuk jurusan IPS saja.

Kuat menegaskan, penyelenggaraan Kejar Paket C ini sebagai bentuk dukungan dari Sekolah Sungai Siluk terhadap pemertaan pendidikan di Jogja, khususnya di Kabupaten Bantul.

"Selain sekolah non formal seperti melukis dan menari untuk anak-anak, Sekolah Sungai Siluk juga memberi kesempatan kepada masyarakat yang ingin memperoleh ijazah setara SMA secara gratis dengan mengikuti Kejar Paket C di sini," katanya.

"Sebagai mitra binaan PLN Yogyakarta, ini merupakan implementasi dari komitmen kami dalam mendukung kemajuan pendidikan untuk berbagai lapisan masyarakat sekitar," tambah Kuat.

Wasianto, salah satu siswa Kelas 11 Kejar Paket C di Sekolah Sungai Siluk asal Bronjong Grejeg, Imogiri, menyampaikan bahwa ia sudah mengikuti kegiatan belajar bersama PKBM Tegal Selo selama dua tahun.

Pria 23 tahun yang berprofesi sebagai pekerja serabutan ini bertekad ingin menyelesaikan Sekolah Kejar Paket C di Sekolah Sungai Siluk demi bisa mendapatkan ijazah setara SMA.

"Dulu putus sekolah sebelum menyelesaikan kelas 10 karena alasan ekonomi dan kurangnya kesadaran akan pentingnya sekolah, pas sudah dewasa, susah nyari kerja, semakin sadar, makanya pas tahu ada Kejar Paket C di PKBM Tegal Selo, saya ikut," ungkap Wasianto.

Wasianto juga menyampaikan keinginannya untuk segera lulus lalu bisa bekerja lebih layak setelah lulus dari Sekolah Kejar Paket C dan mendapatkan Ijazah Setara SMA. "Selain kerja di proyek biasanya juga ikut servis genset, servis dinamo, tapi setelah dapat ijazah SMA, ingin daftar kerja lagi yang lebih layak", tutup Wasianto.

Pundhi Nugrohojati, Manager PLN UP3 Yogyakarta menyampaikan bahwa program binaan dari PLN kepada Sekolah Sungai Siluk sudah dilaksanakan sejak Tahun 2018, yang fokus pada bidang pendidikan non formal, seperti kerajinan tangan, tari-tarian, melukis, penyediaan perpustakaan, juga kegiatan kemasyarakatan lain untuk menunjang pendidikan sekaligus perekonomian masyarakat.

"Sejak awal sebelum PLN Hadir, geliat pendidikan di Siluk sudah ada berupa taman baca di kolong jembatan Sungai Siluk, dan pada 2018 Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN hadir melalui PLN Peduli, membantu mengembangkan taman baca menjadi Sekolah Sungai Siluk," papar Pundhi.

Pundhi juga menyampaikan apresiasinya kepada pengelola Sekolah Sungai Siluk yang terus menerus berkembang, dan pada tahun 2024 ini tidak hanya pendidikan non formal namun juga mulai masuk dalam pendidikan formal.

"Kami cukup bangga bahwa Sekolah Sungai Siluk bisa memberi ruang pada pendidikan formal untuk masyarakat. Bekerja sama dengan Lembaga seperti PKBM Tegal Selo juga sebuah langkah yang tepat untuk mendukung pemerataan pendidikan di Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Bantul," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ayah Perkosa Anak Kandung Selama Empat Tahun hingga Melahirkan

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement