Advertisement

Pasar Smartphone 2022 Jatuh ke Level Terendah Sejak 2013

Newswire
Senin, 30 Januari 2023 - 14:37 WIB
Jumali
Pasar Smartphone 2022 Jatuh ke Level Terendah Sejak 2013 Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) melaporkan bahwa hingga akhir 2022 pengiriman smartphone ke seluruh dunia jatuh ke level terendah sejak 2013.

BACA JUGA: Pasar Smartphone Diprediksi Tumbuh 8 Persen

Advertisement

Hingga 2022, pengiriman smartphone global mencapai 1,21 miliar unit, yang merupakan total pengiriman tahunan terendah sejak 2013 karena permintaan konsumen yang berkurang secara signifikan, inflasi, dan ketidakpastian ekonomi.

Penutupan tahun yang sulit ini menempatkan pemulihan 2,8 persen yang diharapkan untuk tahun 2023 dalam bahaya serius dengan risiko penurunan besar dari perkiraan.

Sementara sepanjang kuartal keempat 2022, pengiriman smartphone di seluruh dunia turun 18,3 persen dari tahun ke tahun menjadi hanya 300,3 juta uni, menurut data awal dari IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Penurunan tersebut menandai penurunan terbesar yang pernah ada dalam satu kuartal dan berkontribusi pada penurunan tajam sebesar 11,3 persen untuk tahun ini.

"Kami belum pernah melihat pengiriman pada kuartal liburan lebih rendah dari kuartal sebelumnya. Namun, melemahnya permintaan dan persediaan yang tinggi menyebabkan vendor mengurangi pengiriman secara drastis," kata Nabila Popal, direktur riset tim Worldwide Tracker IDC, dalam laporan resmi IDC belum lama ini.

Penjualan dan promosi yang gencar selama kuartal ini membantu menguras persediaan yang ada daripada mendorong pertumbuhan pengiriman. Vendor semakin berhati-hati dalam pengiriman dan perencanaan mereka sambil menyelaraskan kembali fokus mereka pada profitabilitas.

Bahkan Apple, yang sejauh ini tampaknya kebal, mengalami kemunduran dalam pasokannya rantai dengan penguncian wilayah tak terduga di pabrik-pabrik utamanya di China.

Apa yang kuartal liburan ini terjadi adalah bahwa kenaikan inflasi dan meningkatnya kekhawatiran makro terus menghambat belanja konsumen bahkan lebih dari yang diharapkan dan mendorong kemungkinan pemulihan hingga akhir tahun 2023.

"Kami terus menyaksikan permintaan konsumen berkurang karena tingkat penyegaran naik melewati 40 bulan di sebagian besar pasar utama," kata Anthony Scarsella, direktur riset IDC's Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Menurut Scarsella, dengan 2022 menurun lebih dari 11 persen, untuk tahun ini, 2023, ditetapkan menjadi tahun kehati-hatian karena vendor akan memikirkan kembali portofolio perangkat mereka sementara saluran akan berpikir dua kali sebelum mengambil persediaan berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement