Advertisement

76 Apoteker Lulusan USD Ikuti Pengambilan Sumpah

Lugas Subarkah
Sabtu, 25 Maret 2023 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
76 Apoteker Lulusan USD Ikuti Pengambilan Sumpah Lulusan pendidikan Profesi Apoteker USD mengikuti pengambilan Sumpah Apoteker, di Kampus III USD, Sabtu (25/3/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 76 lulusan Pendidikan Profesi Apoteker Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta mengikuti Pengambilan Sumpah Apoteker, di Kampus III USD, Paingan, Maguwoharjo, Sabtu (25/3/2023).

Wakil Rektor I USD, Sudi Mungkasi, menjelaskan Sumpah Apoteker diucapkan oleh apoteker sebagai bentuk tanggung jawab etika dan moral terhadap profesinya.

Advertisement

“Ini merupakan komitmen apoteker untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dalam sumpah ini juga tertuang komitmen untuk menjunjung etika profesi apoteker, sehingga para apoteker diharapkan dapat menjaga kepercayaan masyarakat.

“Ada banyak yang diharapkan masyarakat dari profesi apoteker,” katanya.

Apoteker diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang kesehatan, memberikan pelayanan dengan empati dan kepedulian serta yang paling utama adalah membantu menyediakan obat dengan harga yang dapat di jangkau oleh masyarakat yang membutuhkan.

76 lulusan pendidikan Profesi Apoteker ini berasal dari berbagai latar belakang. Hal ini menurutnya mencerminkan keberagaman di dalam prodi hingga universitas. Maka para apoteker juga diharapkan terus menghargaij keberagaman sebagai salah satu nilai dasar USD.

Anggota Konsil Kefarmasian Indonesia, Engko Sosialine Magdalene, mengatakan peluang kerja apoteker sangat luas. Di Indonesia terdapat sebanyak 17.000 apotek yang menjadi lahan kerja apoteker. Selain itu, apoteker juga bisa bekerja di fasilitas kesehatan, pemerintahan maupun dalam penelitian sebagai akademisi.

Kendati demikian, ia berpesan kepada para lulusan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk lebih memilih kembali ke daerah masing-masing dan menjalankan ketugasannya sebagai apoteker untuk melayani masyarakat di daerahnya.

“Terutama yang di luar Jawa. Ada yang dari Balikpapan, NTT, Sulsel, Kaltim, Papua, saya mengajak sejawat untuk kembali ke daerah masing-masing. Karena di sana puskesmas sangat membutuhkan tenaga kefarmasian untuk melaksanakan praktek kefarmasian,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Pendidikan | 1 month ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement