Advertisement

Gelar VHS Sekuner Fest 2023, Banyak Produk Kuliner Baru Ditampilkan Siswa SMK Mulia Dua

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 16 Desember 2023 - 18:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Gelar VHS Sekuner Fest 2023, Banyak Produk Kuliner Baru Ditampilkan Siswa SMK Mulia Dua Kepala Program Keahlian Tata Boga SMK Budi Mulia Dua Maman Rukmana Rukmayadi (tengah) bersama para siswi di sela kegiatan VHS Sekuner Fest 2023 SMK Budi Mulia Dua, Sabtu (16/12 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—SMK Budi Mulia Dua menggelar VHS Sekuner Fest 2023 yang berisi hasil karya para siswa, Sabtu (16/12/2023). Selain menampilkan hasil karya siswa tata boga, kegiatan tersebut juga memamerkan hasil karya siswa multimedia.

Ketua Panitia VHS Sekuner Fest 2023, Ika Septiana Handayani mengatakan event tahunan tersebut tidak hanya melibatkan para pelajar tetapi juga mengundang masyarakat di sekitar. Selain gelar karya, kegiatan tersebut juga diisi dengan senam massal dan pembagian sembako untuk warga sekitar.

Advertisement

"Kami berkolaborasi dengan Sekolah Budi Mulia Dua yang juga mempersembahkan karya kuliner mereka. Hal ini untuk mengapresiasi karya siswa SMK Budi Mulia Dua dan juga kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar," katanya di sela kegiatan.

Kepala Program Keahlian Tata Boga SMK Budi Mulia Dua Maman Rukmana Rukmayadi mengatakan gelar karya tersebut diikuti oleh semua siswa untuk membuktikan apakah keilmuan yang dipelajari selama ini benar-benar terserap.

BACA JUGA: Ingat! Cek Cairan Rem Sebelum Berlibur Pakai Kendaraan Pribadi

"Produk yang dipamerkan sudah ditentukan, ada temanya. Misalnya untuk kelas X tema masakan Jawa seperti ingkung, kelas XI temanya paste bakery dan kelas XII bertema fusion atau perpaduan masakan Indonesia dengan Jepang," kata Maman.

Dia menjelaskan, semua produk yang ditampilkan dikreasikan sendiri oleh para siswa. Hasilnya juga bisa dicicipi oleh masyarakat. "Karya yang baru banyak, terutama yang fusion. Misalnya ada donat yang krimnya isinya seperti es teler. Ada juga cake dengan topping wedang ronde," kata Maman.

Sejak awal, lanjut Maman, para siswa didorong untuk bisa berkreasi dan melahirkan menu baru. Sebelum ditampilkan, siswa diberi trial dua kali dan produk tersebut dievaluasi. "Rata-rata alumni sini melanjutkan kuliah baik dalam maupun luar negeri. Ada juga yang mengembangkan usaha orang tuanya," ujar Maman.

Dia berharap kegiatan tersebut mampu mengasah skill dan kemampuan para siswa, memantapkan kompetensi yang dimiliki dan berdaya saing di dunia kerja. Apalagi, sambung Maman bidang kuliner selalu berkembang. "Kami dorong anak-anak terus berkreasi dengan kompetensi yang mereka miliki," harap Maman.

Setiani Nurfa Tyas, siswi kelas XI mengatakan pada pameran tersebut ia menampilkan lemon cheescake. Produk tersebut ia buat sendiri berdasarkan ide yang dimiliki. "Menentukan ide tidak sulit kalau kita belajar terus. Kami juga terus mengembangkan bakat dan ide-ide baru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement