Advertisement

Dosen UMY Beri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola RT Se-Kalurahan

Media Digital
Jum'at, 15 Maret 2024 - 19:52 WIB
Maya Herawati
Dosen UMY Beri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola RT Se-Kalurahan Sejumlah dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan terkait Peningkatan Kapasitas Tata Kelola RT se-Kalurahan melalui program pengabdian masyarakat. - ist - UMY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan terkait Peningkatan Kapasitas Tata Kelola RT se-Kalurahan melalui program pengabdian masyarakat.

Pelatihan yang digelar pada 10 Februari, 8 dan 14 Maret 2024 itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan agar dapat mengetahui bagaimana melakukan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola RT se-Kalurahan.

Advertisement

Sejumlah dosen tersebut adalah Sidik Jatmika, Muhammad Zahrul Anam, dan Ajeng Puspa Marlinda berasal dari program studi Hubungan Internasional. “Kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung di SD Muhammadiyah Kalangan  dan Kantor Kalurahan Baturetno. Banguntapan Bantul D.I. Yogyakarta” kata Sidik Jatmika dalam keterangan tertulis, Jumat (15/3/2023).

Pada pengabdian ini, Sidik, Zahrul, dan Ajeng menggunakan alat peraga Undang-undang (UU) Tata Kelola RT; AD ART dan Berbagai Nilai Adat Budaya lokal (Kalurahan Baturetno); melakukan Focus Grup Discussion (FGD) terhadap 94 stakeholder yang terlibat  dalam pengelolaan Kalurahan Baturetno (terdiri dari 1 Lurah dan 8 Kepala Dusun); dan juga memimpin workshop penyusunan naskah AD ART dan Adat Budaya terhadap 94 pengurus RT se-Kalurahan Baturetno

BACA JUGA: 6 Juta Pemudik Bakal Masuk DIY, Dishub: Yang Tidak Berkepentingan Jangan Masuk Kota Jogja

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan 94 RT se-Kalurahan Baturetno. “Melalui pelatihan ini, pemangku kepentingan didorong agar dapat meningkatkan kapasitas tata kelola RT se kalurahan,” kata Zahrul. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement