Advertisement

Mengenal Fakultas Teknobiologi UAJY dengan Berbagai Fasilitas Laboratoriumnya

Media Digital
Jum'at, 21 Juni 2024 - 12:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Mengenal Fakultas Teknobiologi UAJY dengan Berbagai Fasilitas Laboratoriumnya Fakultas Teknobiologi UAJY.ist - uajy

Advertisement

JOGJA—Fakultas Teknobiologi merupakan fakultas terbaru di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Keberadaan fakultas ini bertujuan untuk menjadikan UAJY sebagai pusat unggulan (center of excellence) dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang Biologi. Khususnya, melalui inovasi dan penerapan atau aplikasi teknobiologi pada konsentrasi studi Teknobio Industri, Teknobio Lingkungan dan Teknobio Pangan, serta menghasilkan lulusan yang humanis.

Fakultas Teknobiologi saat ini berkonsentrasi pada dua program studi (prodi) yaitu Prodi Biologi dan Prodi Teknologi Pangan. Di dalam prodi ini dikembangkan konsentrasi studi yang erat kaitannya dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang Biologi secara global serta hubungannya dengan kebutuhan pembangunan nasional. Seperti konsentrasi studi Teknobio Industri, Teknobio Lingkungan dan Teknobio Pangan.

Advertisement

BACA JUGA: UAJY Jadi PTS Terbaik ke-12 se-Indonesia versi QS Asia University Ranking 2024

Lulusannya diharapkan kompeten dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta perkembangan masyarakat. Hasil didikan fakultas ini juga diharapkan dapat proaktif dalam kegiatan pembangunan masyarakat Indonesia melalui berbagai karya (penelitian) di bidang teknobiologi (khususnya pada tiga konsentrasi studi).

Tidak kalah pentingnya, sarjana yang disandang juga memili pemikiran yang humanis, terbuka, mandiri, inovatif, berwawasan global, dan berjiwa Pancasila, serta mampu menjalin kerjasama dan membuka lapangan kerja.

Agar sesuai dengan visi dan misinya, UAJY menyiapkan kurikulum Untuk menghasilkan lulusan sarjana (S-1) sesuai kualifikasi yang diharapkan. Kurikulum yang diselenggarakan di prodi Biologi selain mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) juga disesuaikan dengan UU No 12 tahun 2012 tetang Pendidikan Tinggi.

Standar kurikulum yang disusun di Program Studi Biologi, Fakultas Teknobiologi ini didasarkan pada standar di atas dengan target utama adalah pemenuhan Capaian Pembelajaran/CP (Learning Outcome/LO) yang ditetapkan.

Proses penyusunan kurikulum KKNI di Program Studi Biologi, Fakultas Teknobiologi UAJY ini mengacu pada hasil kesepakatan yang dibuat oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI). Mata kuliah yang ditawarkan di Program Studi Biologi UAJY didasarkan pada kesepakatan KOBI yang diklasifikasikan menjadi enam bonggol ilmu, yaitu: Biologi sel dan Molekuler, Fisiologi, Genetika, Struktur dan Perkembangan, Biosistematika dan Evolusi, serta Ekolgi. Total SKS minimal yang wajib ditempuh adalah 144 SKS.

Mata kuliah wajib terdiri dari mata kuliah inti (113 SKS) yang wajib ditempuh bagi mahasiswa Prodi Biologi, sedangkan mata kuliah wajib konsentrasi studi (11 SKS) bersifat wajib ditempuh hanya untuk mahasiswa yang memilih konsentrasi studi tertentu (Teknobio Industri, Teknobio Lingkungan, dan Teknobio Pangan). Untuk melengkapi SKS menjadi 144, mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah pilihan sesuai dengan konsentrasi studi atau mata kuliah pilihan lintas konsentrasi studi.

Fasilitas Laboratorium

Tidak hanya menyialkan kurikulum yang andal, Fakultas Teknobiologi UAJY juga menyediakan laboratorium yang lengkap untuk menunjang kompetensi lulusannya.

Keberadaan laboratorium ini dinilai penting sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan praktikum yang mendukung perkuliahan dan merupakan sarana penunjang bagi para mahasiswa dan dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan praktikum dan penelitian di Fakultas Teknobiologi UAJY didukung oleh lima Laboratorium, yang terdiri dari : Laboratorium Teknobio Industri, Laboratorium Teknobio Lingkungan, Laboratorium Teknobio Pangan, Laboratorium Biologi Molekuler, dan Laboratorium Bioteknologi Tanaman.

Selain laboratorium, Perkuliahan juga didukung oleh beberapa fasilitas lain yaitu : Green House / Rumah Kaca, Kebun Percobaan, dan Kebun Koleksi Tanaman. Secara operasional, setiap laboratorium digunakan untuk melayani kegiatan praktikum, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Masing-masing laboratorium akan melayani jenis mata kuliah praktikum tertentu sesuai dengan ketersediaan alat-alat yang terdapat di laboratorium tersebut.

Laboratorium Biologi Molekuler merupakan tempat penyelenggaraan jenis-jenis praktikum biologi molekuler dan teknologi DNA serta penyelenggaraan penelitian oleh dosen, mahasiswa maupun umum. Sedangkan untuk Laboratorium Teknobio Industri, Laboratorium Teknobio Lingkungan dan Laboratorium Teknobio Pangan merupakan tempat penyelenggaraan praktikum terutama yang terkait dengan mata kuliah wajib konsentrasi dari masing-masing konsentrasi studi yang ada.

Kebun Percobaan digunakan untuk mendukung aktivitas praktikum, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat secara keseluruhan. Kebun percobaan digunakan juga untuk koleksi berbagai macam tanaman dan hewan.

Berikut Daftar Fasilitas Pendukung Perkuliahan dan Fungsinya di Fakultas Teknobiologi UAJY

1. Green House / Rumah Kaca Sebagai tempat koleksi tanaman dan penelitian tugas akhir mahasiswa.

2. Kebun Percobaan Sebagai sarana pendukung praktikum, penelitian, pengembangan hasil penelitian, juga diarahkan sebagai tempat training agroindustri dan bursa bibit tanaman serta ikan.

3. Kebun Koleksi Tanaman Digunakan untuk mengkoleksi tanaman khusus (tanaman langka) dan tempat konservasi tanaman obat dan pangan.

4. Laboratorium Bioteknologi Tanaman

Laboratorium ini terletak di Kebun Biologi, melayani praktikum bioteknologi tanaman obat dan kultur jaringan tumbuhan serta sebagai tempat melakukan penelitian kultur jaringan tanaman baik mahasiswa maupun dosen

5. Laboratorium Biologi Molekuler

Laboratorium ini melayani praktikum teknologi DNA dan pelaksanaan penelitian untuk tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen. Laboratorium ini mengelola, menyusun jadwal, dan melaksanakan berbagai penelitian dosen/pribadi maupun kelompok yang berkaitan dengan bidang molekuler.

6. Laboratorium Teknobio Lingkungan

Laboratorium ini melayani praktikum wajib sesuai bidang minat, praktikum mata kuliah dasar dan pelaksanaan penelitian untuk tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen. Laboratorium ini mengelola, menyusun jadwal, dan melaksanakan berbagai penelitian dosen/pribadi maupun kelompok minat Teknobio Lingkungan.

7. Laboratorium Teknobio Industri

Laboratorium ini melayani praktikum wajib sesuai bidang minat, praktikum mata kuliah dasar dan pelaksanaan penelitian untuk tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen. Laboratorium ini mengelola, menyusun jadwal, dan melaksanakan berbagai

8. Laboratorium Teknobio Pangan dan Lab. Produksi

Laboratorium ini melayani praktikum wajib sesuai bidang minat, praktikum mata kuliah dasar dan pelaksanaan penelitian untuk tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen. Laboratorium ini mengelola, menyusun jadwal, dan melaksanakan berbagai penelitian dosen/pribadi maupun kelompok minat Teknobio-Pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement