Advertisement

S3 Arsitektur UAJY Fokus pada Artificially Intelligent Neuro Architecture

Media Digital
Kamis, 18 Juli 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
S3 Arsitektur UAJY Fokus pada Artificially Intelligent Neuro Architecture Rektor UAJY Sri Nurhartanto (kanan) menerima SK Kemendikbud Ristek tentang izin pembukaan Program Studi Arsitektur Program Doktor oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V DIY (LLDikti V) di kampus setempat, Senin (9/10 - 2023).(DOK.Humas UAJY)

Advertisement

JOGJA—Program S3 Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menjadi program studi (prodi) doktor pertama di perguruan tinggi swasta (PTS) Jogja. Adapun prodi doktor menggabungkan ilmu arsitektur, psikologi dan teknologi infomasi atau juga dikenal dengan nama artificially intelligent neuro architecture (AINA).

Ketua Prodi Program Doktor Arsitektur UAJY, Amos Setiadi mengatakan pengajuan prodi tersebut dilakukan pada Agustus 2023. Berbeda dengan kampus lainnya, Amos memastikan program doktoral arsitektur di UAJY memiliki ciri khas karena mengusung konsep AINA dalam pembelajaran mahasiswa.

Advertisement

"Kami mengolaborasikan arsitektur, psikologi dengan arsitektur dan konsep ini menjadi yang pertama di Indonesia," kata Ketua Prodi Program Doktor Arsitektur UAJY, Amos Setiadi usai penyerahan SK pembukaan Prodi Arsitektur Program Doktor oleh Kepala LLDIKTI Wilayah V di UAJY, Senin (9/10/2023).

Kepala LLDikti Wilayah V Aris Junaidi menyampaikan program Doktor Arsitektur merupakan yang pertama di Wilayah V Yogyakarta. Dari lingkup nasional hingga saat ini baru ada delapan universitas yang memiliki prodi S3 Arsitektur. “Kami tentu berharap agar UAJY bisa menyelenggarakan Prodi Arsitektur program Doktor ini sebaik mungkin, karena memang program Doktor Arsitektur di UAJY ini punya kekhususan yaitu AINA yang mengombinasikan pendidikan arsitektur, psikologi dan teknologi informasi yang menjadi satu keunggulan tersendiri”, jelas Aris.

Rektor UAJY Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M menyampaikan prodi ini merupakan program doktor pertama di UAJY. Per 2023/2024 prodi ini sudah beroperasional dan menerima lima mahasiswa berdasarkan saran dari Asesor BAN-PT.

“Kami patut bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas anugerah dan rahmatnya hari ini kami boleh menyaksikan bersama upacara penyerahan SK dari Kemendikbud melalui Bapak Kepala LLDikti Wilayah V untuk penyelenggaraan program Doktor Arsitektur. Kami sungguh mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bimbingan dari LLDikti Wilayah V. Saya berharap pembukaan Program Doktor Arsitektur ini bisa memberi energi dan memacu kinerja segenap civitas academica di lingkungan universitas untuk terus mempertahankan standar dan komitmen UAJY yang sudah kita bangun selama ini,” ujar Nurhartanto, Senin (9/10/2023).

Pengembangan SDM

Nurhartanto menyampaikan dari sisi internal, kampus juga terus mendorong sumber daya manusia (SDM) yang ada dapat terus mengembangkan diri. “Kami juga mendorong dosen-dosen muda untuk segera mengurus jabatan akademiknya. Misal yang sekarang asisten ke depan dapat menjadi lektor, yang lektor sekarang menjadi lektor kepala. Tentu kami selalu menargetkan dosen-dosen muda maksimum lima tahun untuk berkarya itu langsung harus sudah S3. Karena demikian berkesinambungan dengan cita-cita kita semua yaitu ada sustainability universitas bisa terjaga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement