Advertisement

Pembentukan Posbindu untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Sonopakis Lor

Media Digital
Senin, 05 Agustus 2024 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Pembentukan Posbindu untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Sonopakis Lor Posbindu Penyakit Tidak Menular yang diselenggarakan Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai program pengabdian masyarakat dengan menyasar remaja di Kampung Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul beberapa waktu lalu. - ist - UMY

Advertisement

JOGJA—Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengelar pengabdian masyarakat dengan menyasar remaja di Kampung Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul

Kegiatan ini dipimpin dosen Prodi Ilmu Keperawatan Nina Dwi Lestari, S.Kep., Ners., M.Kep. Sp.Kep.Kom. Fokus kegiatan adalah penyelenggaraan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kader serta masyarakat terkait dengan penyakit tidak menular.

Advertisement

BACA JUGA: Dua Kalurahan di Sleman Belum Mencairkan Dana Desa Tahap 2, Ini Penyebabnya

“Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2024,” ujar Nina dalam keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Senin (5/8/2024).  

Adapun kegiatan yang dilakukan, menurut Nina yaitu pemberian edukasi terkait penyakit tidak menular dan pelatihan enam meja posbindu penyakit tidak menular (PTM), dilakukan dengan metode penyuluhan, praktik dan Focus Group Discussion (FGD).

“Kemudian pelatihan  yang diberikan terkait cara melakukan skrining kesehatan, pengukuran antropometri, pemeriksaan lab sederhana, dan edukasi kesehatan dengan melibatkan kader posbindu penyakit tidak menular,” katanya. (***)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Akses Jalan Tol Sek 6B dan 6C di IKN Ditarget Rampung Juni 2025

News
| Senin, 16 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement