Advertisement

Tingkatkan Kompetensi SMK di DIY, YPTI Menggelar Mastercam Competition 2024

Abdul Hamied Razak
Kamis, 15 Agustus 2024 - 23:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Tingkatkan Kompetensi SMK di DIY, YPTI Menggelar Mastercam Competition 2024 YTPI Mastercam Competition 2024 yang diikuti oleh sebanyak 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DIY, digelar di Jalan Cangkringan Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Kamis (15/8 - 2024) ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Yogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI) menggelar Mastercam Competition 2024 yang diikuti oleh sebanyak 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DIY, Kamis (15/8/2024) di Jalan Cangkringan Tirtomartani, Kalasan, Sleman.

Kompetisi yang pertama kali digelar tersebut dibuka oleh Wakil Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) DIY Suhirman bersama Direktur Utama PT YPTI Petrus Tedja Hapsoro. Selain adu skill, para peserta juga punya kesempatan untuk mendapatkan materi tambahan di luar sekolah, melalui seminar yang digelar mengiringi kompetisi ini.

Advertisement

BACA JUGA: Kemendikbud Minta Perguruan Tinggi Tingkatkan Mutu dengan Beragam Inovasi dan Strategi

Menurut Suhirman YPTI Mastercam Competition 2024 akan memperkuat kemitraan antara sekolah dengan industri serta pemerintah. Kegiatan tersebut juga menjadi sarana bagi para siswa SMK untuk terus mengasah skill dan kemampuan, dengan mengacu pada perkembangan di sektor industri.

“Dengan strategi ini, kami berharap sekolah akan makin maju dan berkembang, demikian juga dengan industri. Ini wujud dari kehadiran industri untuk mendukung siswa-siswi SMK semakin berkualitas," katanya di sela kegiatan.

Suhirman mengatakan bahwa kompetensi jika tidak dilombakan terasa biasa-biasa saja. Sebaliknya, jika kompetensi dikompetisikan maka seseorang akan mengetahui levelnya seperti apa. Hasilnya, orang akan selalu mawas diri dan terus melakukan perbaikan.

Menurut Petrus Tedja Hapsoro, PT YPTI yang sekarang genap berusia 25 tahun mampu berkembang hingga saat ini karena dukungan sekolah-sekolah vokasi. Dia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi ulat ukur untuk mengembangkan kualitas SMK-SMK di DIY.

"Kami berharap sekolah-sekolah vokasi di DIY akan semakin mengembangkan kualitasnya, sehingga mampu mengembangkan produk teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

YPTI Mastercam Competition 2024, lanjut Petrus, diharapkan juga mampu memompa semangat para siswa dan guru SMK untuk terus menghadapi tantangan industri ke depan. Termasuk bagaimana lulusan SMK secara berkualitas mampu memenuhi kebutuhan sektor industri.

“Siswa SMK di DIY tidak boleh kalah dengan yang lain atau siswa yang mengambil jalur pendidikan umum. Lulusan sekolah vokasi harus bergengsi. Arti penting kompetisi ini bukan soal menang dan kalah serta hadiahnya. Lulusan sekolah vokasi punya arti penting bagi masyarakat dan bangsa, sehingga perlu didukung keberlanjutannya,” kata Petrus.

BACA JUGA: 84 PTS Terancam Ditutup, DPR RI Minta Pemerintah Perhatikan Mahasiswanya

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara YPTI Mastercam Competition 2024, Yohanes Krisna Johanes Saputra sebagai Kota Pelajar atau Kota Pendidikan, sekolah-sekolah kejuruan di Jogja belum cukup memiliki nama di LKS tingkat nasional. Alasan inilah yang mendorong YPTI bersama Disdikpora DIY menggelar kompetisi tersebut.

"Kami berharap kompetisi ini akan memacu sekolah dan para siswa untuk terus menempa diri menjadi yang terbaik. Tanpa ada kompetisi, mereka tidak akan bisa bersaing dan meningkatkan diri,” katanya.

Para peserta, lanjut Krisna diawali dengan membuat desain mastercam. Selanjutnya, dari desain ini kemudian akan diteruskan dengan lomba membuat program dan muaranya bisa diaplikasikan pada teknik permesinan.

“Secara keseluruhan berlangsung dua hari. Kita berharap melalui kompetisi ini bisa berkontribusi pada peningkatan pengetahuan dan skill dari para peserta. Sekolah dan industri bisa saling belajar sehingga ada sinkronisasi antara kurikulum sekolah dengan industri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement