Advertisement

Dosen Ekonomi UII Bekerja Sama dengan Kirana Ecoprint Borobudur Gelar Pelatihan Ecoprint di Desa Pager Gunung

Media Digital
Selasa, 27 Agustus 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Dosen Ekonomi UII Bekerja Sama dengan Kirana Ecoprint Borobudur Gelar Pelatihan Ecoprint di Desa Pager Gunung Fakultas Ekonomi UII dibantu oleh Kirana Ecoprint Borobudur mengadakan pelatihan ecoprint bagi kelompok PKK Desa Pager Gunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. / ist

Advertisement

MAGELANG—Fakultas Ekonomi UII dibantu oleh Kirana Ecoprint Borobudur mengadakan pelatihan ecoprint bagi kelompok PKK Desa Pager Gunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota PKK, tetapi juga sebagai upaya menciptakan peluang usaha baru yang dapat dikembangkan menjadi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Advertisement

Desa Pagergunung, yang terletak di daerah pegunungan dengan iklim sejuk, memiliki kekayaan alam berupa tanaman liar yang unik dan tumbuh subur di sekitarnya.

Tanaman-tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan seperti ecoprint. Meski potensi ini melimpah dan tersebar di banyak area desa, sayangnya, belum banyak dimanfaatkan secara optimal oleh warga untuk diolah menjadi produk kreatif yang dapat meningkatkan perekonomian dan memperkenalkan Desa Pagergunung sebagai desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Pelatihan ini sukses terselenggara berkat dukungan pendanaan dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII pada tahun 2024 melalui Program Pengabdian Unggulan (PPU). Dengan judul Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan Ecoprint dari Daun dan Bunga Sekitar sebagai Pengembangan UMKM di Desa Pager Gunung.

BACA JUGA: Pembelian Pertalite dan Solar Bakal Dibatasi Mulai 1 Oktober 2024

Pelatihan ini diketuai oleh Rizqi Adhyka Kusumawati, SE., MBA dari Fakultas Ekonomi UII, dan dibantu oleh tim pelaksana, yaitu Lak Lak Nazhat El Hasanah dan Selfira Salsabila. Pelatihan ini juga melibatkan dua mahasiswi UII serta Kirana Ecoprint Borobudur sebagai narasumber yang memiliki keahlian dalam bidang ecoprint.

Rahwati, Ketua PKK Desa Pager Gunung, menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang besar kepada UII.

Menurutnya, pelatihan ini tidak hanya memperkaya wawasan dan keterampilan para ibu PKK, tetapi juga membangkitkan semangat untuk mengembangkan usaha baru dengan memanfaatkan tanaman lokal menjadi karya seni bernilai tinggi.

Ia berharap produk ecoprint hasil karya PKK Desa Pager Gunung dapat menjadi oleh-oleh khas yang memperkuat identitas desa, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Insiden Pemukulan Wasit dalam laga Aceh dan Sulteng di PON XXI Harus Diinvestigasi

News
| Senin, 16 September 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement