Advertisement

Mahasiswa UGM Ciptakan Teknologi Mencegah Ayam Stres karena Kepanasan di Kandang

Catur Dwi Janati
Selasa, 17 September 2024 - 21:57 WIB
Maya Herawati
Mahasiswa UGM Ciptakan Teknologi Mencegah Ayam Stres karena Kepanasan di Kandang Ilustrasi. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Industri peternakan ayam disulitkan dengan meningkatnya suhu panas di dalam kandang yang menyebabkan ayam stres atau disebut heat stress. Guna mangatasi permasalahan ini, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan CoolNest teknologi yang mampu mencegah heat stress di area kandang.

Tim PKM-PI pencipta CoolNest terdiri dari Widha Rizqika Prasetya, Levia Arkananta Sarjono, Arsyta Notari Lifty Azuhra, Heva Adlli Wijaya dan Ilyasa Ihsan Yasin. Inovasi CoolNest: Smart Sprinkle berbasis Internet of Things Pencegah Heat Stress pada Ayam dirancang dengan studi literatur dan kunjungan langsung ke para peternak. Pemrograman alat ini juga dapat terintegrasi dengan Internet of Things (IoT).

Advertisement

Salah satu anggota tim, Levia menjelaskan hika CoolNest terdiri dari empat komponen utama yaitu slave, master, sprinkle dan aplikasi mobile. Slave akan mendeteksi kelembaban, suhu, dan kadar ammonia di dalam kandang. Data yang terbaca akan dikirimkan ke database dan dapat diakses melalui aplikasi mobile.

"Ketika suhu di dalam kandang tinggi, sprinkle akan menyala sehingga suhu dalam kandang kembali normal. Aplikasi mobile berfungsi untuk memudahkan peternak dalam memantau lingkungan di dalam kandang sehingga manajemen pemeliharaan berjalan maksimal," terang Levia, Selasa (17/9/2024).

CoolNest dirancang Tim PKM-PI UGM untuk  mencegah heat stress dengan menciptakan lingkungan kandang yang lebih optimal, melalui pengaturan suhu dan kelembaban yang lebih baik. Teknologi ini mendorong ayam dapat tumbuh dengan lebih optimal sesuai potensi genetiknya dan menjaga produktivitasnya.

Pasalnya ayam yang mengalami heat stress seringkali mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu pertumbuhan ayam juga terhambat, bahkan berisiko mengalami kematian.

BACA JUGA: Awal Pekan, Merapi Gugurkan Awan Panas Sejauh 1 Km Lebih

Anggota tim lainnya, Arsyta menambahkan bila CoolNest telah diterapkan pada kandang mitra yaitu salah satu peternak di Kebupaten Sleman.

Berdasarkan implementasi di lapangan, CoolNest terbukti berhasil meningkatkan produktivitas pada kandang mitra. Apalagi data yang terdeteksi pada kandang seperti suhu, kelembaban dan kadar ammonia juga terbukti telah cukup akurat.

Di susi lain CoolNest hadir dengan berbagai keunggulan, antara lain alat mampu bekerja secara otomatis, data dapat tersaji secara real time dan CoolNest mampu mengatur kondisi kandang sesuai kebutuhan ayam.

"Dengan adanya CoolNest, peternak dapat mengetahui kondisi kandang secara efisien sehingga peternak mampu meminimalkan hambatan dalam masa pemeliharaan,” katanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dikunjungi Ridwan Kamil-Suswono, Ini yang Dijanjikan SBY

News
| Kamis, 19 September 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement