Advertisement

Politeknik YKPN Gelar Seremonial Wisuda, 54 Wisudawan Siap Masuki Dunia Kerja

Media Digital
Sabtu, 12 Oktober 2024 - 07:57 WIB
Maya Herawati
Politeknik YKPN Gelar Seremonial Wisuda, 54 Wisudawan Siap Masuki Dunia Kerja Politeknik YKPN, salah satu institusi pendidikan vokasi terkemuka di Indonesia menggelar acara wisuda periode semester genap 2023/2024, pada hari ini, Sabtu (12/10/2024). - ist - YKPN

Advertisement

JOGJA—Politeknik YKPN, salah satu institusi pendidikan vokasi terkemuka di Indonesia menggelar acara wisuda periode semester genap 2023/2024, pada hari ini, Sabtu (12/10/2024).

Acara yang berlangsung di kampus Politeknik YKPN di Jalan Gagak Rimang No. 2-4, Balapan, Kota Yogyakarta, dihadiri oleh para wisudawan, keluarga, dosen, serta tamu undangan lainnya. Pada kesempatan ini sebanyak 54 mahasiswa resmi diwisuda, menandai berakhirnya masa studi mereka dan awal dari perjalanan karier di dunia kerja.

Advertisement

Pada acara wisuda ini, tercatat ada tiga mahasiswa berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, yakni Ardan Satria Wicaksana, putra Fajar Tioko dengan IPK 3,73, lulusan dari SMA Negeri 1 Magelang;  Aurelius Tibertius Mali, putra Frederikus Bernardus Mali dengan IPK 3,51, lulusan dari SMA Negeri 1 Sedayu; serta Annisa Amalia Wahono, putri Dwi Wahono dengan IPK 3,43, lulusan dari SMA Negeri 2 Bojonegoro.

Prestasi akademik yang dicapai oleh ketiga mahasiswa ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras yang luar biasa selama menempuh pendidikan di Politeknik YKPN. Mereka diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa lain untuk terus berusaha mencapai prestasi terbaik.

Politeknik YKPN memiliki sejarah panjang dalam memberikan pendidikan vokasi berkualitas. Sebelum bertransformasi menjadi Politeknik YKPN, lembaga ini dikenal dengan nama Akademi Akuntansi YKPN (AA YKPN), yang didirikan pada 22 Maret 1970. Selama beberapa dekade, AA YKPN berhasil mencetak puluhan ribu lulusan di bidang akuntansi yang tersebar di berbagai sektor di Indonesia.

Namun, seiring perkembangan kebutuhan industri dan dunia kerja, AA YKPN memutuskan untuk melakukan transformasi signifikan dengan memperluas cakupan program pendidikan yang ditawarkan.

Pada 1 Desember 2021, AA YKPN secara resmi bertransformasi menjadi Politeknik YKPN, sebuah institusi pendidikan vokasi yang tidak hanya menawarkan program Diploma III Akuntansi, tetapi juga program Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan dan Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik yang memberikan pendidikan lebih mendalam dan komprehensif.

Program Sarjana Terapan dirancang untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi lebih tinggi, sesuai dengan tuntutan industri modern.

Dengan kurikulum yang dirancang secara cermat, Politeknik YKPN berharap dapat mencetak lulusan yang tidak hanya mahir secara teori, tetapi juga memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha.

BACA JUGA: Suhu di Jogja dan Sekitarnya Terasa Panas, Ini Sebabnya

Beasiswa

Pada seremoni wisuda kali ini, sebanyak 38 mahasiswa penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) turut hadir dalam acara wisuda ini.

Beasiswa KIPK diberikan oleh pemerintah sebagai bentuk dukungan untuk memastikan mahasiswa dari latar belakang ekonomi kurang mampu tetap bisa melanjutkan pendidikan tinggi dan mencapai prestasi akademik yang gemilang.

Selain beasiswa KIPK, sebanyak 12 mahasiswa lainnya juga menerima Beasiswa Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (YKPN), sebuah program beasiswa internal yang diberikan oleh YKPN bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2024/2025. Beasiswa yayasan ini menunjukkan komitmen lembaga dalam mendukung mahasiswa untuk mencapai pendidikan terbaik, tanpa terkendala oleh faktor ekonomi.

Direktur Politeknik YKPN, Prof. Dr. Krismiaji M.Sc., Ak., CA., menyampaikan harapan besar kepada para wisudawan agar mereka tidak hanya menjadi lulusan yang kompeten di bidangnya, tetapi juga mampu menjadi agen perubahan di masyarakat.

Sebagai lembaga pendidikan vokasi, Politeknik YKPN terus berinovasi untuk memberikan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri.

Dengan transformasinya dari AA YKPN menjadi Politeknik YKPN, institusi ini berkomitmen untuk terus mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten di bidang akademik, tetapi juga memiliki soft skills dan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja.

Dengan beragam program beasiswa, kurikulum yang adaptif, serta dukungan dosen dan fasilitas yang memadai, Politeknik YKPN terus berupaya menjadi pilihan utama bagi mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan vokasi berkualitas. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Korban Ledakan Speedboat Tewaskan Cagub Maluku Utara Benny Laos

News
| Minggu, 13 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement