Advertisement

Kalahkan Wakil dari AS hingga China, Mahasiswa UII Juara Dunia Kompetisi Mengelola Perusahaan Virtual

Sunartono
Jum'at, 23 Juni 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Kalahkan Wakil dari AS hingga China, Mahasiswa UII Juara Dunia Kompetisi Mengelola Perusahaan Virtual Tim Eagle yang merupakan kelompok mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Islam Indonesia (UII). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tim Eagle yang merupakan kelompok mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil mengalahkan delegasi dari sejumlah kampus besar dunia dalam kompetisi mengelola perusahaan virtual 15th ERPSim International Competition.

Tim Eagles terdiri dari lima mahasiswa Prodi S1 Akuntansi yakni Feren Fitria Farsa, Lestari Rezki Nurul Amalia, Dani Malpriansyah Darmawan, Fioren Akbar Naufal, dan Rahma Alia Alisyahbana.

Advertisement

Ketua Tim Fioren Akbar Naufal mengungkapkan ada sejumlah tahapan untuk menuju kompetisi tersebut. Diawali dengan keberhasilan lolos 4 besar kompetisi ERPsim Rest of APJ pada bulan Oktober 2022, dan menjadi Juara pertama dalam ajang ERPsim Competition Region Asia Pacific Japan (APJ) pada Maret 2023. Sehingga bersama dua tim lain dari Vietnam mewakili wilayah Asia Pacifik Japan pada tahap final 15th ERPSIM International Competition. Final digelar secara daring pada 15 Juni 2023 lalu.

BACA JUGA : 300 Prestasi Nasional dan 42 Internasional Ditorehkan

“Di final ini kami bersaing dengan 20 tim dari universitas di berbagai negara, seperti San Diego State University [Amerika], University of Nottingham [Inggris], Politecnico di Milano [Italia], Beijing Institute of Technology [China], JAMK UAS [Finlandia] dan lain-lain,” kata Fioren dalam rilisnya, Kamis (22/6/2023).

Kompetisi tahun ini berlangsung sangat sengit dan kompetitif, banyak muncul tim baru dengan berbagai strategi terbaiknya, sehingga perlu usaha lebih keras untuk memenangkan. Ia menilai tim asal China menjadi pesaing kuat bagi kami.

“Tetapi perwakilan China yang menurut kami paling berat. Sehingga kami sangat senang dan bangga atas pencapaian ini dikarenakan perjuangan keras yang dilakukan mampu mengharumkan nama  Universitas Islam Indonesia di kancah dunia,” ujarnya.

Ketua Jurusan Akuntansi FBE UII Dekar Urumsah menambahkan kompetisi itu bentuknya mengelola perusahaan virtual menggunakan skenario ERPsim Manufacturing Extended dengan aplikasi SAP S/4HANA. SAP merupakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang banyak digunakan oleh perusahaan internasional. “UII sendiri merupakan salah satu dari beberapa universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan SAP melalui SAP University Alliances Asia Pacific Japan,” ujarnya.

Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana FBE UII Profesor Rifqi Muhammad menambahkan perolehan juara ini menjadi bukti mahasiswa Akuntansi UII mempunyai daya saing di kancah internasional. Selain itu mampu mempertahankan tradisi juara dalam berbagai kompetisi ERP, sekaligus membuktikan sebagai calon Akuntan masa kini yang kompeten di bidang teknologi.

BACA JUGA : Andalan Award Dapat Memacu Mahasiswa Berprestasi

“Mahasiswa Akuntansi UII sendiri telah berkali-kali memenangkan berbagai kompetisi ERP. Di antaranya Juara 1 ERPsim Asia Pacific Japan 2021, Juara 1 Tingkat Nasional MERMC 2021, Juara 1 ERPsim Student Competition Rest of Asia Pacific Japan (APJ) 2022. Juara 1 pada ajang ERPSim Student Competition Asia Pacific Japan (APJ) Cup 2022, Juara 1 pada 14th International ERPsim Competition 2022, Juara 1 MonsoonSIM ERM International Competition 2022-Enterprise Category, dan Juara 2 MonsoonSIM ERM International Competition 2022-Trading Category,” katanya.

Ketua Pelatih Tim Eagle Maulidyati Aisyah mengatakan analisis data menjadi kunci dalam meraih kemenangan. Dalam setiap latihan, data hasil yang diperoleh selalu dievaluasi sehingga dapat dipetakan pos-pos mana yang dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan net income.

“Selain penerapan strategi yang taktis, kepercayaan dan kekompakan tiap anggota menjadi kunci kemenangan mereka, mengingat setiap anggota tim memiliki peran masing-masing,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement