Advertisement

Peringati Dies Natalis ke-32, Universitas AKPRIND Indonesia Gelar Orasi Ilmiah, Ini Isinya

Arief Junianto
Senin, 13 Mei 2024 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Peringati Dies Natalis ke-32, Universitas AKPRIND Indonesia Gelar Orasi Ilmiah, Ini Isinya Suasana peringatan Dies Natalis ke-32 Universitas AKPRIND Indonesia. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Universitas AKPRIND Indonesia menggelar upacara Dies Natalis ke-52, Minggu (12/5/2024).

Dalam acara tersebut, digelar Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Direktur Akademi Vokasi Indonesia, Wikan Sakarinto, ST., M.Sc., Ph.D. dengan tema Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju Inovasi Akademik Berbasis Real Industrial-based Learning dan Project-based Learning (Menciptakan Lulusan Kompeten, Unggul, dan Berdaya Saing).

Advertisement

Dalam orasi ilmiahnya, Wikan menyampaikan soal transformasi pendidikan tinggi menuju inovasi akademik berbasis Real Industrial-Based Learning dan Project-Based Learning untuk menciptakan lulusan yang kompeten, unggul, dan berdaya saing dalam menghadapi disrupsi dan perubahan zaman.

Perubahan ini dipicu oleh perkembangan teknologi dan digitalisasi, yang menggeser tuntutan industri dan dunia kerja terhadap SDM,” kata dia dikutip dari keterangan resmi, Senin (13/5/2024).

Pentingnya menyikapi perubahan ini, kata Wikan, ditekankan lantaran mengingat adanya eskalasi dan kontraksi pada sektor ekonomi serta kondisi resesi dunia yang menciptakan ketidakpastian. Pendidikan tinggi harus mampu merespons era disrupsi ini dengan menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan tidak hanya pada hard skills, tetapi juga soft skills, karakter, dan attitude yang kuat.

Dalam orasi ilmiah itu, Wikan juga menyampaikan kritik terhadap pola pendidikan tinggi saat ini, yang masih fokus pada pemberian materi kognitif dan kurangnya integrasi dengan dunia kerja, menjadi fokus orasi ini.

“Kurangnya perubahan dalam pola perkuliahan dan kurangnya kolaborasi antar-dosen untuk mendidik mahasiswa juga menjadi sorotan,” ucap dia.

BACA JUGA: Prof. Anak Agung Putu Susastriawan Dikukuhkan sebagai Guru Besar IST AKPRIND Jogja

Sementara itu, Rektor Universitas AKPRIND Indonesia, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom. menjelaskan bahwa dalam peringatan Dies Natalis ke-52, IST Akprind menggelar sejumlah kegiatan. Di antaranya adalah Bakti Sosial untuk keluarga pensiunan Universitas AKPRIND Indonesia dan Panti Asuhan Ash-Shiddiqiyah, skrining anemia, Company Gathering, serta tabur bunga di TMP Kusuma Negara dan Taman Wijaya Brata.

Selain itu, dalam laporannya, Edhy mengatakan bahwa sejak 28 Februari 2024, nama IST Akrpind resmi berubah menjadi Universitas Universitas AKPRIND Indonesia.

Universitas AKPRIND Indonesia, kata dia, memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang berwawasan lingkungan yang berkelanjutan, inovatif, dan unggul dengan reputasi internasional”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement