Advertisement

UPY Gelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode III

Media Digital
Senin, 01 Juli 2024 - 19:17 WIB
Maya Herawati
UPY Gelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode III Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) menggelar Sidang Terbuka oleh Senat Universitas PGRI Yogyakarta dengan acara tunggal Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode III Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (29/6 - 2024).

Advertisement

JOGJA—Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) menggelar Sidang Terbuka oleh Senat Universitas PGRI Yogyakarta dengan acara tunggal Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode III Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (29/6/2024). Sidang ini yang dibuka dan ditutup secara resmi oleh Ketua Senat, Ahmad Riyadi, M.Kom.

Pelaksanaan Wisuda di Universitas PGRI Yogyakarta dilaksanakan dalam 3 kali periode selama 1 tahun. Wisuda Periode I dilaksanakan pada tanggal 23 September 2023, Wisuda Periode II pada 24 Juni 2023 dan kali ini Wisuda Periode III dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Juni 2024.

Advertisement

Rektor Universitas PGRI Yogyakarta, Dr. Ir., Paiman, M.P dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan/wati yang telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya di UPY.

“Pada hari ini, kami serahkan kembali wisudawan/wati kepada keluarga. Mohon maaf apabila selama dalam mendidik putra-putri bapak/ibu masih banyak kekurangan,” ujarnya.  

“Di tahun 2023 dibidang SDM kami berhasil mengukuhkan 2 orang dosen UPY menjadi Guru Besar bidang Pendidikan dan kami memperoleh 3 Guru Besar Penugasan dari Universitas Pendidikan Indonesia serta 1 Guru Besar Penugasan dari Universitas Negeri Semarang, tahun ini sudah lebih dari 15 orang dosen telah berhasil menyelesaikan studi doktoral dan puluhan dosen lainnya dalam proses studi S3 di berbagai perguruan tinggi bergengsi di dalam dan luar negeri.”

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Hotel di Gejayan Terbakar, 2 Orang Sempat Terjebak, Tim Damkar Kesulitan Masuk

“Di bidang pengelolaan lembaga kami berhasil menambah 3 prodi baru yaitu Program Sarjana Hukum Bisnis, Program Sarjana Sistem Informasi, 4 dan Program Pendidikan Profesi Guru untuk bidang studi PGSD, Sejarah, PPKN, Matematika dan Bimbingan Konseling serta di bulan ini kami tinggal menunggu terbitnya SK Pendirian Prodi Magister Manajemen (MM).”

Selain itu, ia juga menyebutkan pada Selasa (25/6/2024) telah diresmikan penggunaan gedung baru UPY setinggi 8 lantai di komplek kampus 4 yang digunakan untuk perkuliahan dan laboratorium pendukung.

“Kami sampaikan ucapan selamat dan rasa bangga kepada bapak/ibu, orang tua, dan keluarga wisudawan/wati. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada UPY untuk mendidik dan membekali putra-putri bapak/ibu. Kepada wisudawan/wisudawati, kami titipkan nama baik almamater di pundak saudara/saudari. Semoga semua agenda dalam upaya meningkatkan tata kelola UPY dapat diwujudkan dan mendapatkan ridho dari Allah. Amin,” katanya.

Sedangkan Ketua Pengurus Yayasan Pembina UPY Drs. Johanes Sabari, M.Si dalam sambutannya mengatakan  segenap jajaran yayasan baik organ pembina, pengurus dan pengawas menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas keberhasilan wisudawan/wisudawati dalam menyelesaikan rangkaian kegiatan akademik maupun non akademik selama menuntut ilmu di Universitas PGRI Yogyakarta sehingga memperoleh gelar sarjana dan Pasca Sarjana.

“Selamat dan bahagia juga kami sampaikan kepada seluruh keluarga, orang tua wali, para penyedia beasiswa ataupun donatur yang turut mendukung keberhasilan para wisudawan/wisudawati,” katanya.

Pidato sambutan juga disampaikan Ketua PGRI DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji.  “Saya mewakili seluruh anggota PGRI di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan kalau boleh mewakili Indonesia, karena kebetulan saya juga menjadi salah satu ketua PB PGRI Pusat, mengucapkan selamat kepada Pak rektor dan seluruh jajaran yang hari ini sudah yang kesekian kali melaksanakan wisuda,” katanya.

“Ibu bapak dan khususnya kepada para wisudawan ujian di Kampus UPY sudah berakhir dan sekarang telah diwisuda, akan tetapi jangan berharap bahwa ujian-ujian itu sudah tidak ada lagi karena setelah lulus dari perguruan tinggi merupakan sebuah laboratorium kehidupan yang sesungguhnya. Setelah adik-adik sekalian ke masyarakat maka ada Universitas namanya Universitas kehidupan yang tetap masih ada ujiannya, tetapi jangan khawatir selama ini PGRI menyaksikan lulusan-lulusan UPY itu selalu punya kapasitas untuk menyelesaikan permasalahan di kehidupan kedepan. UPY tidak hanya berpikir tentang akademik akan tetapi UPY juga mengembangkan bagaimana membangun, mengembangkan mental adik-adik sekalian supaya mampu untuk bersosialisasi menghidupi atau menghadapi persoalan-persoalan di masyarakat.”

Sedangkan perwakilan wisudawan/wisudawati, Richo Fenda Refiantoro, S.T menyampaikan terima kasihnya dalam kesempatan berpidato di podium.  “Terima kasih saya haturkan khususnya kepada orang tua saya, orang tercinta saya dan rekan-rekan saya serta Bapak/Ibu dosen yang sudah mensupport saya sampai sejauh ini. Sekaligus saya memohon maaf apabila dalam kurun waktu belajar 4 x 365 hari lamanya memiliki kesalahan baik tutur kata maupun perbuatan. Bapak/Ibu izinkanlah kami melanjutkan langkah perjalanan berikutnya mohon doa restuya semoga membawa berkah untuk keluarga dan almamater UPY tercinta,” ujarnya.

Hadir dalam wisuda ini, Ketua dan Anggota Senat, Jajaran Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan Pembina UPY, Rektor beserta wakil rektor, Pendamping/wali wisudawan, wisudawan/wisudawati.

Wisuda kali ini diikuti oleh 259 wisudawan/wisudawati dari 4 Fakultas dan 18 program program studi Sarjana dan Pasca Sarjana. Wisudawan terbaik Universitas berasal dari Program Studi Teknik Industri atas nama Richo Fenda Refiantoro, S.T. dengan perolehan IPK 3,99. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IKN Rawan Banjir, BNPB: Sudah Ada Peta Risiko Bencana untuk 25 Tahun ke Depan

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement