Advertisement

Gibran Dikabarkan Mundur dari Kursi Wali Kota Solo Bulan Ini

Kurniawan
Minggu, 14 Juli 2024 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Gibran Dikabarkan Mundur dari Kursi Wali Kota Solo Bulan Ini Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Beredar kabar bahwa bulan ini, Gibran Rakabuming Raka akan mengundurkan diri sebagai Wali Kota Solo. Gibran bakal mundur dari jabatannya untuk fokus persiapan menjadi Wakil Presiden 2024-2029.

Sekretaris DPRD Solo, Kinkin Sultanul Hakim tidak menampik kabar itu. Menurut dia, sudah ada rapat yang membahas persiapan pengunduran diri Wali Kota Gibran.

Advertisement

“Jadi rencananya waktu rapat di Setda, Pak Wali Kota akan mundur sebelum pelantikan anggota baru DPRD Solo. Tapi untuk tanggalnya belum pasti kapan, sehingga kami harus bersiap-siap,” ujar dia, Minggu (14/7/2024).

Menurut Kinkin, hingga saat ini Sekretariat DPRD Solo belum menerima surat pengunduran diri Wali Kota Solo. Dengan begitu pihaknya belum mengambil langkah-langkah terkait dengan mekanisme pengunduran diri itu.

“Kalau sudah ada surat dari Wali Kota bisa kami agendakan. Itu nanti tahapannya rapat pimpinan lalu Banmus. Kan mengubah jadwal yang sudah ada berarti. Banmus harus menjadwalkan paripurna,” terang dia.

Dalam rapat paripurna DPRD Solo, Kinkin menjelaskan Wali Kota Gibran akan menyampaikan pengunduran dirinya. Dan berdasarkan perkiraan dari Sekretariat DPRD Solo, rapat paripurna tersebut digelar 22-23 Juli 2024.

“Direncanakan sekitar 22-23 Juli 2024, setelah pelantikan pejabat-pejabat Pemkot Solo. Jadi nanti mekanismenya ada rapat paripurna DPRD Solo dengan agenda pengunduran diri Wali Kota,” kata dia.

Setelah Rapat Paripurna DPRD Solo penyampaian pengunduran diri Wali Kota Solo tersebut, Kinkin melanjutkan, pihaknya akan langsung melayangkan surat kepada Mendagri Cq Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

“Setelah itu akan keluar SK [Surat Keputusan] pemberhentian Wali Kota Solo sekaligus penunjukkan Plt [Pelaksana tugas] Wali Kota dari Mendagri. Kalau dikawal terus itu bisa sekitar sepekan,” papar dia.

Namun, sekali lagi Kinkin menyatakan hingga hari ini Sekretariat DPRD Solo belum menerima surat pengunduran diri dari Wali Kota. “Sejauh ini kami belum terima surat apa-apa. Jadi kami menunggu saja,” kata dia.

BACA JUGA: Gibran Tidak Setuju Adanya Larangan Study Tour

Berdasarkan, informasi yang diperoleh Solopos.com(Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI) di lingkungan Pemkot Solo, Minggu (14/7/2024), Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, akan menggelar pelantikan pejabat Pemkot Solo pada Kamis (18/7/2024) mendatang.

Sebetulnya pelantikan ini dilakukan pada Kamis (4/7/2024) lalu kepada sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, dan pejabat fungsional.

Padahal para ASN yang akan dilantik itu sudah mendapatkan surat undangan pelantikan pada Rabu (3/7/2024) sore. Namun, pada Kamis pukul 08.00 WIB pelantikan ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Pengumuman penundaan pelantikan itu disampaikan melalui surat No.KK.03.02/4491/VII/2024 ditandatangani Sekda Solo Budi Murtono. Sekda Solo meminta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) memberitahukan para ASN terkait penundaan tersebut.

Namun, Sekda Solo tidak menyampaikan alasan penundaan tersebut. Padahal, sejumlah ASN lingkungan Pemkot Solo sudah bersiap di Bale Tawangarum. Mereka pun membubarkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement