Advertisement

Peran UKM & Kreativitas Mahasiswa UAJY, Ikut Berkontribusi Mendulang Prestasi

Media Digital
Minggu, 21 Juli 2024 - 10:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Peran UKM & Kreativitas Mahasiswa UAJY, Ikut Berkontribusi Mendulang Prestasi Alumni UAJY - Simponi.uajy.ac.id

Advertisement

JOGJA—Selain unggul dari sisi akademiknya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) juga dikenal memiliki segudang kegiatan mahasiswa. Kegiatan itu bisa diikuti dan menjadi kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

Di luar kelas, mahasiswa UAJY juga diberi ruang-ruang belajar lainnya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) & Kreativitas Mahasiswa. Mahasiswa yang ingin aktif berpartisipasi dalam kehidupan kampus bisa menjajal beragam UKM & Kreativitas Mahasiswa. 

Advertisement

BACA JUGA: UAJY Jadi PTS Terbaik ke-12 se-Indonesia versi QS Asia University Ranking 2024

Di UAJY terdapat beberapa ragam UKM & Kreativitas Mahasiswa yang disediakan. Tentu hal ini disesuaikan dengan minat, bakat, kegemaran, atau orientasi aktivitas yang dimiliki mahasiswa agar bisa mengembangkan diri, membangun jaringan, dan meningkatkan keterampilan sosial.

Berikut merupakan sejumlah UKM & Kreativitas Mahasiswa di UAJY.


1. UKM CTC-English Debate

Sesuai namannya, UKM CTC-English Debate disediakan untuk menciptakan komunitas yang mempunyai pemikiran kritis terhadap permasalahan nyata yang komprehensif.

CTC sebelumnya dikenal sebagai “Atma Jaya deBattle Clinique”. Kemudian pada pertengahan Juni 2010, unit ini memperluas konsepnya dan mengubah namanya menjadi Critical Thinking Community (CTC-UAJY).

Beragam prestasi sudah diraih anggota CTC-UAJY ini. Salah satunya Keisha Devana Sugiyanto. Mahasiswi Program Studi FISIP UAJY kembali mengukir prestasi dengan menjadi 3rd Best Speaker dalam seleksi National University Debating Competition (NUDC) 2024 untuk tingkat LLDIKTI WIl. V DIY. Sebelumnya, Keisha telah mengikuti ajang perlombaan debat ini mulai tahun 2023.


2. Paduan Suara Mahasiswa (PSM)


Paduan Suara Mahasiswa (PSM) merupakan salah satu UKM unggulan di UAJY. UKM kampus ini menjadi wadah untuk menampung dan menggembangkan seni bernyanyi secara paduan suara bagi mahasiswa UAJY. Bagi mahasiswa yang memiliki bakat menyanyi, sangat cocok untuk masuk ke UKM ini.

Berdiri sejak 14 Oktober 1983, UKM ini telah meraih berbagai prestasi di kompetisi nasional maupun internasional. Selain memiliki prestasi mentereng, PSM UAJY juga memiliki program kerja pokok meliputi konser tahunan, mengikuti kompetisi paduan suara, dan pelatihan dasar kepemimpinan.

Pada Juni 2024, UKM PSM UAJY menggelar konser bagi anggota baru bertajuk “ORPHIC : I Can See The End As It Begins” di Auditorium Gedung Thomas Aquinas. Konser ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan saat PSM UAJY menerima anggota baru yang kelak akan melanjutkan kepengurusan PSM UAJY.


3. Marching Band


UKM unggulan di UAJY selanjutnya adalah marching band. UKM ini memiliki program kerja pokok, yaitu mengikuti berbagai macam kompetisi dan show ekst. Jadwal kegiatan rutin UKM ini adalah latihan reguler, latihan panjang, training center, rapat, dan pertemuan alumni.

Berdiri sejak 27 September 1985, UKM mahasiswa ini telah menyumbangkan banyak prestasi untuk kampus. Salah satunya, berhasil menyabet Juara 2 Umum pada Klasemen Umum dalam Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X Cup 2023 di Among Rogo, Jogja.

Kejuaraan ini merupakan kejuaraan internasional dibawah naungan Asian Marching Band Confederation (AMBC) yang bekerja sama dengan PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) DIY. 

4. UKM SWI Pro Patria


UKM SWI Pro Patria berasal dari ilmu bela diri Shaolin yang berlatih Kung Fu Keras “way tan kungfu” dan kungfu lembut “nui tan kungfu”. Ilmu bela diri Pro Patria merupakan penggabungan dua aliran dasar, yaitu kungfu utara (ilmu tendangan) dan kungfu selatan (ilmu pukulan), sedangkan kungfu lunak dalam hal ini adalah “tai chi chuan”.

Prestasi terbaru dari UKM ini diraih oleh Zefanya Adelia Sidharta. Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY angkatan 2021 kembali mengharumkan nama UAJY di kancah internasional. Zefanya berhasil meraih 2 medali perunggu sekaligus pada cabang olahraga Wushu kategori Taijiquan dan Taijijian di Asean University Games (AUG) 2024 yang digelar sejak 25 Juni-6 Juli 2024 di Surabaya, Jawa Timur. 


5. Inkai/Karate


Inkai/karate merupakan UKM unggulan yang ada di UAJY. UKM mahasiswa ini secara aktif mengikuti banyak kejuaraan di tingkat daerah maupun nasional. Inkai/Karate UAJY pun berhasil menyebut beberapa medali.

Program kerja pokok UKM ini meliputi ujian kenaikan tingkat, latihan alam, mengikuti kejuaraan. Sementara itu, jadwal kegiatan Inkai/karate UAJY adalah latihan rutin, latihan pusat, ujian kenaikan sabuk, dan latihan alam.

Salah satu prestasi anggota UKM ini meraih 3 medali emas dan 7 medali perak dalam Kejuaraan Karate Inkai Sleman Open se-DIY Jateng yang dilaksanakan pada 2023 lalu di GOR Candi Binangun, Pakem. 

6. Bulu Tangkis


UAJY membentuk UKM Bulu Tangkis sebagai wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat terhadap olahraga bulu tangkis. Tak kalah dengan UKM mahasiswa lainnya, UKM Bulu Tangkis UAJY telah meraih berbagai prestasi.

Program kerja pokok UKM ini adalah latihan rutin, mengadakan kejuaraan/pertandingan persahabatan antaruniversitas, mengikuti kejuaraan. Sementara itu, jadwal kegiatan rutin UKM ini meliputi latihan rutin setiap hari Rabu dan Sabtu di Aula Kampus UAJY Mrican.

Salah satu prestasi UKM ini adalah gelar Andien Kirana Widjanarko, Mahasiswa Fakultas Hukum UAJY angkatan 2022 yang berhasil meraih Juara I nomor tunggal putri dalam Kejuaraan USM Open 2024 yang di Universitas Semarang (USM) pada 6-11 Mei 2024. Andien menjadi satu-satunya perwakilan UKM Atma Jaya Badminton Club (ABC) yang mengikuti kejuaraan berskala nasional ini di Gelora Universitas Semarang.


7. Merpati Putih


UKM unggulan di UAJY selanjutnya adalah Merpati Putih. UKM ini merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam olahraga bela diri khususnya pencak silat.

Berdiri sejak tahun 1981, UKM mahasiswa ini telah meraih sejumlah prestasi di berbagai ajang kejuaraan. Jadwal kegiatan rujin UKM Merpati Putih yaitu latihan rutin setiap hari Selasa dan Jumat di Aula Kampus 1 UAJY, Mrican.

8. Palawa


Palawa UAJY merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang kepecintaalaman. UKM mahasiswa ini didirikan di puncak Gunung Merbabu pada 24 April 1976.

UKM ini memiliki jadwal kegiatan rutin meliputi latihan rutin dan rapat koordinasi. Program kerja pokok Palawa UAJY meliputi latihan dasar, latihan rutin, eksplorasi akhir pekan, operational exploration, training center, try out, dan ekspedisi.

Selain delapan UKM & Kreativitas Mahasiswa di atas, UAJY juga masih memiliki banyak UKM lainnya, seperti Tarung Drajat AA. Boxer, Palawa, Teater Lilin, Kyokushinkai Karate-Do, Koperasi Mahasiswa (Kopma), Seni Budaya Nusantara, Aikido, dan Atma Jaya Photography Club.

Ada juga beberapa komunitas untuk mahasiswa UAJY yang bisa diikuti seperti Komunitaa Tari, Leaders Community, Lembaga Belajar Mahasiswa, Atma Jaya Movement, Mahasiswa PSSB, Mahasiswa Bidikmisi, Forkomi, KMHD Mahatma, dan masih banyak lagi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aktivis HAM Aysenur Tewas Ditembak Tentara Israel

News
| Sabtu, 07 September 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement