Advertisement

Penelitian Mahasiswa UAJY Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan

Media Digital
Selasa, 06 Agustus 2024 - 16:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Penelitian Mahasiswa UAJY Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Student Center UAJY.ist

Advertisement

JOGJA–Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. UAJY pun menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dengan sungguh-sungguh dengan penerapan kurikulum kekinian.

Sebagai salah satu kampus yang menggunakan standar kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), UAJY juga terus meningkatkan kompetensi lulusan baik dari sisi soft skills maupun hard skills. 

Advertisement

Kebijakan ini diwujudkan dalam bentuk program “hak belajar tiga semester di luar program studi” yang memiliki banyak pilihan program seperti Magang, Studi Independen, dan banyak kegiatan lainnya.

BACA JUGA: Mengenal Program Internasional di UAJY, Apa Saja?

Pada masa akhir perkuliahan, mahasiswa dibimbing untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang dimilikinya untuk memecahkan permasalahan nyata di masyarakat. Ada 3 matakuliah yang harus dilalui, yaitu Magang, Kuliah Kerja Nyata, dan Tugas Akhir.

Mahasiswa diwajibkan Magang selama minimal 3-4 bulan di suatu perusahaan baik di dalam ataupun di luar negeri. Satu semester penuh dirancang untuk kegiatan Magang sehingga mahasiswa tidak mengambil matakuliah yang lain.

Pada matakuliah Kuliah Kerja Nyata, mahasiswa diharapkan mampu hidup bermasyarakat dan mengimplementasikan ilmunya di masyarakat. Proses pembelajaran diakhiri dengan pembuatan Tugas Akhir. 

Pada matakuliah ini mahasiswa benar-benar dituntut untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapat untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan menuliskannya dalam bentuk laporan ilmiah serta mempublikasikannya ke dalam jurnal/seminar.

Penelitian Mahasiswa

Dalam program penelitian dan pengabdian di UAJY dilaksanakan kolaborasi antar mahasiswa. Mahasiswa membentuk kelompok serta memilih topik penelitian maupun pengabdian yang akan dilakukan.

Setelah itu, dosen pengampu mata kuliah memilih dosen pembimbing untuk masing-masing kelompok. Selama pelaksanaan mata kuliah, mahasiswa melakukan bimbingan mengenai topik penelitian atau pengabdian pada dosen pembimbing masing-masing.

Di akhir mata kuliah, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan publikasi terhadap hasil penelitian maupun pengabdiannya dengan mengikuti seminar nasional, maupun mengirim artikel publikasi ke jurnal nasional.

Prestasi Penelitian Mahasiswa

Dengan metode tersebut, mahasiswa UAJY banyak meraih berbagai prestasi di berbagai ajang riset dan penelitian. Salah satunya, dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Awal tahun 2024, misalnya, Lima mahasiswa dari Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) menorehkan prestasi di tingkat nasional karena berhasil lolos seleksi PKM 2024. Atas prestasi tersebut, kelimanya pun menerima pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kemendikbudristek.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Dian Natalia Nainggolan, Lorenza Feby Valentina Mardani, Chaterine Josephine Iskandar, Sevira Dwi Angelia Putri, dan Francesco William Novenian Wijaya. Tim dengan nama Cascararoar tersebut, menerima pendanaan di bidang Riset Eksakta (RE) melalui proposal berjudul “Aktivitas Proteksi Kerusakan DNA dan Potensi Antioksidan Ekstrak Limbah Kulit Buah Kopi (Cascara) Robusta dan Arabika sebagai Material Kemoprevensi Kanker”.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kreativitas dan inovasi mahasiswa melalui penguasaan bidang sains maupun teknologi. Hal tersebut pun memotivasi kelimanya untuk menimba ilmu dan pengalaman di luar perguruan tinggi.

Sarana dan Prasarana

Jika penelitian yang dilakukan mahasiswa membutuhkan sarana dan prasaranya memadai, seperti penggunaan laboratorium, bisa menggunakan sarana dan prasarana yang dimiliki UAJY. Tentu saja, penggunaan sarana dan prasarana tersebut harus melewati prosedur dan ketentuan yang sudah ditetapkan kampus.

Kegiatan penelitian, baik untuk tujuan skripsi maupun penelitian non-skripsi (berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan atau mata kuliah lain), dapat dilakukan di setiap laboratorium maupun kebun percobaan sesuai dengan konsentrasi studi, topik penelitian, fasilitas dan fungsi masing-masing laboratorium/kebun percobaan.

Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas laboratorium atau kebun percobaan dengan tetap memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Seperti syarat administrasi penelitian, membuat rancangan kerja berdasarkan proposal penelitian yang telah diseminarkan dan disyahkan oleh dosen pembimbang dan persyaratan administrasi lainnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement