Advertisement

Dosen S1 dan S2 Teknik Kimia UAD Berikan Pelatihan Manajemen Bank Sampah

Media Digital
Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:47 WIB
Maya Herawati
Dosen S1 dan S2 Teknik Kimia UAD Berikan Pelatihan Manajemen Bank Sampah Dosen S1 dan S2 Teknik Kimia UAD memberikan pelatihan manajemen bank sampah dan pengelolaan sampah rumah tangga untuk anggota Aisyiyah Bangunjiwo Barat, Bantul. ist - UAD

Advertisement

BANTUL—Dalam upaya memitigasi masalah sampah plastik yang semakin mengkhawatirkan di DIY, dosen-dosen dari Program Studi S1 dan S2 Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah memberikan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Manajemen Bank Sampah dan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Pelatihan ini khususnya ditujukan untuk para ibu-ibu anggota Aisyiyah Bangunjiwo Barat.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan langkah konkrit yang diambil oleh dosen-dosen S1 dan S2 Teknik Kimia UAD dalam mendukung imbauan Jogja Darurat Sampah yang telah dicanangkan sebelumnya. Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan utama yang perlu segera diatasi, dan melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat memahami betapa pentingnya manajemen bank sampah dan pengelolaan sampah rumah tangga.

Advertisement

Kegiatan pelatihan berlangsung pada hari Minggu, 3 Agustus 2023, di aula TK ABA Lemah Dadi Bangunjiwo Barat bekerja sama dengan Pengurus Ranting Aisyiyah (PRA) Bangunjiwo Barat . Para dosen membagikan pengetahuan mereka kepada sekitar 35 ibu-ibu anggota Aisyiyah Bangunjiwo Barat yang hadir dengan antusias. Materi yang disampaikan meliputi sosialisasi pengolahan sampah dapur rumah tangga menjadi kompos dan biogas, teknik pemisahan sampah plastik, dan praktik pembuatan kerajinan dari sampah plastik.

BACA JUGA: Pagi Ini Jalanan Kota Padat Merayap, Anak Sekolah Ikut Karnaval Budaya Rayakan HUT Jogja

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini yang diketuai oleh Firda Mahira Alfiata Chusna. Kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan bersama 2 orang dosen lainnya yaitu Aster Rahayu, dan Farrah Fadhillah Hanum. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan melibatkan 6 orang mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UAD (S1 dan S2) yaitu Veranica, Zulia Arifah, Yolanda Waldatul Marwa, Rhisyani Suciati, Fauzia Balqis Mujilestari, dan Atiqi Tiya Adani.

"Kami berharap melalui pelatihan ini, para ibu-ibu Aisyiyah dapat menjadi agen perubahan di komunitas mereka. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan sampah plastik, mereka bisa membantu mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan dan kehidupan sehari-hari," kata Aster Rahayu, salah satu dosen Magister Teknik Kimia UAD yang terlibat dalam kegiatan ini, dalam keterangan tertulis, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para peserta, dan diharapkan akan menjadi langkah awal yang berkelanjutan dalam menangani permasalahan sampah plastik di DIY. Dosen-dosen S1 dan S2 Teknik Kimia UAD berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya serupa dan bekerja sama dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan. (BC)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement