Advertisement

SD Muhammadiyah Miliran Jogja Gelar Pertukaran Pelajar

Media Digital
Senin, 23 Oktober 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
SD Muhammadiyah Miliran Jogja Gelar Pertukaran Pelajar Pelaksanaan student exchange SD Muhammadiyah Miliran Kota Jogja di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—SD Muhammadiyah Miliran Kota Jogja menggelar student exchange atau pertukaran pelajar untuk kesekian kalinya. Setelah sebelumnya memberangkatkan siswa ke Malaysia pada Agustus 2023.

Terbaru, sekolah ini memberangkatkan delapan siswa untuk mengikuti student exchange di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan pada 18-22 Oktober 2023.  Kedelapan siswa yang mengikuti tersebut, masing-masing bernama Alexandria Ega Hapsari, Aqila Shakira Az-Zahra, Faliha Pramudita Rahma, Kinanthi Ardiona Maharani, Oza Sabiya Zayn, Yoora Humairah Piliang, Zaskia Nizar Malik dan Sabrina Aulia Najwa.

Advertisement

“Siswa yang berangkat student exchange ke Jakarta ini semuanya saat ini duduk di bangku kelas V,” kata Kepala SD Muhammadiyah Miliran Kota Jogja, Arif Rahman Hakim S.Pd, M.Pd.I. melalui rilis, Senin (23/10/2023).

Arif mengatakan selama mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan para siswa mengiktui kegiatan pembelajaran dan pentas seni. Para siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk mengikuti kegiatan di kelas yang berbeda. “Kemudian pada event yang berbeda, siswa kami yang delapan anak ini menyuguhkan pentas seni di Gor Bulungan Jakarta Selatan,” ujarnya.

BACA JUGA: SD Muhammadiyah Miliran Gelar Wisuda Kelulusan

ia mengatakan pertukaran pelajar memberikan banyak manfaat bagi para siswa. Antara lain melatih kemandirian, karena siswa bisa belajar manajemen waktu antara kegiatan sekolah dan kegiatan saat di luar jam pelajaran setiap harinya. Mereka tinggal satu rumah yang tak jauh dari sekolah tujuan. “Karena jauh dari orang tua sehingga siswa melakukan berbagai kegiatannya secara mandiri,” ujar Arif.

Selain itu para siswa mendapatkan pengalaman belajar bersama sekolah lain dengan kondisi latar belakang suasan belajar dan budaya yang berbeda, dalam hal ini di luar Jogja. Pengalaman ini sangat berharga bagi siswa untuk meningkatkan rasa percaya dan menambah wawasan.

“Kemudian membangun jaringan antar sekolah, karena di lain waktu kami juga menerima siswa dari sekolah lain untuk student exchange juga. Kami sudah menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah baik di dalam dan luar negeri untuk kerja sama pertukaran pelajar ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mandi di Pantai, 2 Pelajar Ditemukan Meninggal Dunia

News
| Senin, 29 April 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement