Advertisement

Ada Isu Dana LPDP Disetop, Kemenkeu Buka Suara

Maria Elena
Sabtu, 27 Januari 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ada Isu Dana LPDP Disetop, Kemenkeu Buka Suara LPDP. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja, JAKARTA–Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara terkait dengan isu pemerintah akan menghentikan alokasi APBN untuk Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyampaikan pemerintah telah menetapkan alokasi anggaran pembiayaan investasi untuk bidang pendidikan dalam APBN 2024. Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, pembiayaan investasi untuk klaster pendidikan ditetapkan sebesar Rp25 triliun tahun ini. “[Alokasi dana LPDP] Ada di APBN 2024,” katanya kepada wartawan di Gedung AA Maramis, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2024).

Advertisement

Baca Juga

Simak Tutorial dan Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024

Dibuka Mulai 11 Januari, Segini Kuota Beasiswa LPDP Tahun Ini

Hore! Pendaftaran Beasiswa LPDP Kembali Dibuka, Ini Syaratnya

Berdasarkan catatan Kemenkeu, pembiayaan investasi klaster pendidikan sebesar Rp25,0 triliun ditujukan untuk meningkatkan akses masyarakat untuk pendidikan dan keberlanjutan pengembaangan pendidikan (termasuk Dana Abadi Pesantren dan untuk pengembangan ristek). Pada kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menyetop suntikan dana pada LPDP. Namun, dia mengatakan akan ada perluasan penggunaan anggaran. Di sisi lain, pemerintah berencana memperluas program yang akan dikelola oleh LPDP, tidak hanya untuk pendidikan, tetapi juga untuk pelatihan.

“LPDP tidak disetop, hanya LPDP akan diperluas, karena Indonesia ini selain butuh pendidikan, butuh pelatihan,” katanya.

Selain itu, Airlangga mengatakan fungsi dari LPDP juga akan diperluas untuk mengelola dana abadi pariwisata atau tourism fund. “Akan ada penugasan untuk mendukung industri pariwisata, pengelolaan dana abadi untuk pariwisata. Jadi perubahannya, LPDP akan diperluas,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Hadir dalam Sidang Sengketa Pileg, 2 Pemohon Dianggap MK Tidak Serius

News
| Senin, 29 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement