Advertisement

UNY dan Pertamina Foundation Jalin Kerja Sama Riset Energi Terbarukan dan Pemberdayaan Perempuan

Sunartono
Selasa, 13 Februari 2024 - 03:17 WIB
Sunartono
UNY dan Pertamina Foundation Jalin Kerja Sama Riset Energi Terbarukan dan Pemberdayaan Perempuan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerja sama dengan Pertamina Foundation (PF) sebagai perpanjangan tangan CSR PT Pertamina (Persero). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerja sama dengan Pertamina Foundation (PF) sebagai perpanjangan tangan CSR PT Pertamina (Persero). Kerja sama itu disepakati di bidang pendidikan, riset energi baru dan terbarukan, pemberdayaan wirausaha perempuan, dan kolaborasi pendanaan untuk riset inovasi teknologi.

terus berupaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Upaya ini dinyatakan melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Ruang Antasari, Hotel UNY, Rabu (7/2). Pada payung nota kesepahaman ini, PF dan UNY akan menjalin kerja sama di bidang pendidikan, riset energi baru dan terbarukan, pemberdayaan wirausaha perempuan, dan kolaborasi pendanaan untuk riset inovasi teknologi.

Advertisement

BACA JUGA : Kenalkan Inobike! Sepeda Listrik Buatan Mahasiswa UNY. Cek Harga dan Keunggulannya

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha UNY Profesor Margana menyatakan krja sama itu menjadi bentuk implementasi UNY dalam sinergi untuk meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi bidang riset, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat. Perubahan UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), mendorongnya untuk menjalin kerja sama strategis dengan berbagai pihak.

"Dengan lingkup kerja sama yang dibangun, kami berharap sinergi ini mampu meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan mahasiswa serta percepatan pengembangan produk riset UNY, termasuk bidang energi terbarukan dan lain-lainnya,” kata Margana dalam rilisnya Senin (12/2/2024).

Dewan Pengawas Pertamina Foundation Bambang Pediantoro berharap kerja sama itu menghasilkan banyak karya bersama UNY khususnya terkait penelitian energi baru dan terbarukan dan pemberdayaan perempuan. Ia berharap melui kerja sama itu membawa perubahan lebih baik bagi masyarakat.

"Kami ingin mengajak UNY menjadi bagian dari perubahan lewat program yang dimiliki. Melalui sinergi strategis dengan UNY, dapat membuka peluang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki hingga menghasilkan inovasi bermanfaat untuk negeri," katanya.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari menilai penandatanganan MoU sebagai sinergi antara industri, universitas dan masyarakat dalam mencapai target SDG’s dan membangun ekonomi sirkuler. PF memiliki beragam program sebagai wadah UNY untuk mengembangkan riset-riset ilmiah, desa binaan, hingga peningkatan kualitas tenaga pendidik dan mahasiswanya.

"Mewujudkan sustainability atau keberlanjutan menjadi fokus kerja sama ini sehingga ke depan kami juga berkolaborasi untuk pendanaan proyek sustainability melalui Kedaireka," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mataram dan Bali, Warga Berhamburan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement