Advertisement

Magister Fakultas Bisnis dan Ekonomi Gelar Kuliah Umum bagi Mahasiswanya

Ujang Hasanudin
Senin, 04 Maret 2024 - 11:57 WIB
Ujang Hasanudin
Magister Fakultas Bisnis dan Ekonomi Gelar Kuliah Umum bagi Mahasiswanya Magister Fakultas Bisnis dan Ekonomi Gelar Kuliah Umum bagi Mahasiswanya. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Magister Manajemen dan Akutansi, FBE, UAJY menggelar acara kuliah umum berjudul "The Future Of Business In Finance and Operation Perspective" yang dihadiri oleh mahasiswa magister manajemen dan akutansi FBE UAJY. Narasumber kuliah umum ini adalah Guido One Tuwan, seorang praktisi yang menjabat sebagai Chief Financial Officer PT Hartono Istana Teknologi, atau lebih dikenal Polytron.

Guido juga merupakan salah satu alumni dari FBE UAJY. Kuliah umum ini dimoderatori oleh Raden Agoeng Bhimasta, dosen prodi Manajemen FBE UAJY. Menurut Mahestu N Krisjanti, Ph.D (Dekan FBE, UAJY), kehadiran bapak Guido One Tuwan di FBE UAJY merupakan suatu kehormatan bagi Magister dan mahasiswa.

Advertisement

Dalam kuliah umum ini peserta diajak untuk melihat bagaimana perkembangan bisnis dalam kaitannya dengan keuangan dan produksi dan kompetensi apa yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa. Menurut Bapak Guido, sebuah perusahaan harus mampu mempertahankan usahanya ditengah persaingan yang ada. Salah satu caranya adalah melakukan efisiensi biaya. Efisiensi biaya tersebut dapat terlaksana apabila karyawan mampu meminimalkan seven wastes, yang terdiri dari produksi, persediaan, kerusakan, transportasi, pergerakan, menunggu, dan proses. Apabila karyawan proaktif dalam memikirkan cara mengurangi seven waste tersebut maka perusahaan akan dapat berkelanjutan.

 Guido banyak membagikan pengalaman dan praktek-praktek selama berkarir di PT HIT. Komunikasi merupakan hal penting yang harus dipelajari dan terus dikembangkan oleh mahasiswa. Komunikasi merupakan kemampuan menjual ide seseorang. Agar ide dapat didengar, maka orang tersebut perlu memahami sudut pandang dari lawan bicaranya, waktu dan cara yang tepat untuk mengemukakan ide, dan harus berbasis data. Keterampilan mahasiswa dalam menganalisis kemungkinan pertanyaan terkait ide yang dikemukakan juga akan menentukan keberhasilan idenya diterima.

BACA JUGA: UAJY Jadi Universitas Swasta Terbaik Ketiga di Indonesia

Acara kuliah umum ini, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi melalui tanya jawab yang aktif dan dinamis. Salah satu pertanyaan menarik yang diajukan mahasiswa MM, yang berasal dari Yayasan Marsudirini adalah dalam menghadapi tantangan masa depan, investasi apa yang cocok dilakukan di dunia pendidikan.

Menurut Guido, investasi yang penting dilakukan adalah mempersiapkan siswa untuk ahli di bidang tehnologi sekaligus memiliki mental yang kuat dan berdaya juang. Sekolah juga perlu memiliki keunikan yang membedakan dengan sekolah lain, sehingga tidak bermain dalam perang harga.

Bimo selaku moderator menambahkan, seperti quotes dari Seth Godin penulis buku Purple Cow: Transform Your Business by Being Remarkable, lebih baik sedikit berbeda daripada sedikit lebih baik.

Kuliah Umum “The Future Of Business In Finance and Operation Perspective” dihadiri oleh 90 mahasiswa dari Magister Manajemen dan Magister Akutansi. Menurut E. Dita Septiari Ph.D (Kaprodi MM FBE UAJY), kuliah umum akan diselenggarakan secara rutin di Magister Manajemen FBE UAJY sebagai bentuk kolaborasi dari FBE UAJY dan praktisi dalam mendorong lulusannya agar memiliki wawasan yang luas mengenai dunia usaha dan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement