Advertisement

Merayakan dan Menghidupi Kebersamaan dalam Perbedaan: Halal Bihalal dan Syawalan 1445 H Keluarga Besar USD Jogja

Media Digital
Selasa, 23 April 2024 - 15:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Merayakan dan Menghidupi Kebersamaan dalam Perbedaan: Halal Bihalal dan Syawalan 1445 H Keluarga Besar USD Jogja Suasana kegiatan Halal Bihalal dan Perayaan Syawalan Keluarga Besar yang berlangsung di Student Hall, Kampus 1 Mrican, Sabtu (20/4 - 2024)

Advertisement

JOGJA—Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan Halal Bihalal dan Perayaan Syawalan Keluarga Besar yang berlangsung di Student Hall, Kampus 1 Mrican, Sabtu (20/4/2024).

Kegiatan yang mengundang keluarga dosen, tenaga kependidikan, perwakilan mahasiswa dan para pejabat struktural ini dihadiri pula oleh pejabat rektorat, yang diwakili oleh Wakil Rektor 2 Dr. Yohanes Harsoyo, M. Si., dan Wakil Rektor 4, Caecilia Tutyandari Ph.D.

Advertisement

Ketua Panitia, Suyono, menyampaikan bahwa Universitas Sanata Dharma memiliki 4 nilai dasar yang salah satunya ialah menghargai atau menjunjung tinggi keberagaman.

“Perbedaan diantara kita bukanlah suatu masalah untuk maju bersama. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa saling menghargai, keakraban, dan kekeluargaan diantara kita semua seluruh keluarga Sanata Dharma sebagai wujud implementasi nilai dasar Sanata Dharma tersebut. Harapan kita semua adalah selanjutnya USD dapat semakin tumbuh berkembang, maju, menjaga keutuhan menjaga kebhinekaan untuk menjadi pelopor pendidikan yang semakin maju dalam berbakti kepada Nusa, Bangsa, dan Negara ” tuturnya.

Suasana kegiatan Halal Bihalal dan Perayaan Syawalan Keluarga Besar yang berlangsung di Student Hall, Kampus 1 Mrican, Sabtu (20/4/2024).

Sementara itu, mewakili Rektor, Wakil Rektor II USD, Dr. Yohanes Harsoyo, M. Si dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya memaknai proses humanisasi dalam hidup bersama di USD.

“Rasa syukur hidup di Indonesia ini adalah bisa menikmati hidup dengan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika. Walaupun USD merupakan Universitas Jesuit, namun kita semua sangat menghargai keberagaman kemanusiaan. Lewat proses humanisasi, kita dididik berdasar pada nilai-nilai keutamaan, baik sebagai manusia, maupun sebagai bangsa. Oleh karenaya, saya ingin memaknai perjumpaan kita hari ini bukanlah sekadar sebuah perayaan yang rutin. Hari ini kita bersama merayakan kehidupan keseharian kita, dimana nilai saling menghargai terus dirawat dan diperjuangkan di tengah semua perbedaan,” ungkapnya.

Kegiatan rutin tahunan yang dikoordinasi oleh Campus Ministry dan komunitas pegawai serta mahasiswa muslim ini turut mengundang Gus Muhammad Wahid Luthfi bin KH Ashari untuk mengisi tausiah. Dalam tausiahnya, Gus Muhammad Wahid Luthfi bin KH Ashari. menyampaikan bahwa tradisi Halal Bihalal dilesatrikan untuk mewujudkan solidaritas kita sebagai sesama manusia yang saling menghormati.

“Adanya Halal Bihalal karena manusia itu tempatnya lupa dalam melakukan kesalahan. Dengan Halal Bihalal menjadikan kita bisa menjaga jasmani dan rohani kita. Rohani kita akan terus mencari dan kembali ke Tuhan, sementara jasmani kita hidup bersama dengan sesama manusia. Semoga kita semua bisa menjaga keduanya. Semoga dengan Halal Bihalal dan Syawalan ini menjadikan kita manusia yang lebih bersih dan lebih baik, kembali kepada fitrah kesucian dan bisa menjadi manusia yang lebih baik dengan saling menghormati, dan menghargai perbedaan” tuturnya.

Kegiatan Syawalan keluarga besar Sanata Dharma dilaksanakan secara rutin setiap tahun sejak tahun 2015 dan diorganisir oleh Campus Ministry (CM), yang merupakan unit pengembangan kerohanian di tingkat universitas. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Syawalan diorganisir bersama dengan para pegawai muslim serta komunitas mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Muslim Bina Ukhuwah Islamiah Universitas Sanata Dharma (FKM Budi Utama). Meskipun sudah menjadi kegiatan rutin, namun kegiatan Syawalan dan Halal Bi Halal di salah satu Perguruan Tinggi Katolik tertua di Indonesia ini, selalu menjadi hal yang sangat berkesan bagi civitas academica.

Ir. Eko Ariyanto, seorang dosen dari fakultas Prodi Elektromedis Fakultas Vokasi USD, yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan kesannya yang mendalam.

“Kegiatan yang baik sekali, karena saya baru menyadari ternyata umat Muslim di Sanata Dharma jumlahnya banyak. Meskipun dari yayasan Katolik, USD bisa untuk semua orang. Bisa untuk belajar dan bekerja di sini, tanpa kehilangan identitas kita sebagai umat Muslim” ungkapnya.

Hal yang sama juga dingkapkan oleh Sugianto, seorang tenaga kependidikan di Biro Layanan Umum USD.

“Acaranya sungguh sangat menarik. Meskipun dari lembaga yayasan Katolik, dari CM (Campus Ministry-red) menyediakan fasilitas untuk kaum Muslimin untuk mengadakan Syawalan, sehingga rasa persaudaraan kami antara Muslim dan Non Muslim sangat erat sekali. Rasanya sangat bangga berada di sini, karena terlihat sangat damai, akrab dan rukun sejahtera untuk semuanya” pungkasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement