Advertisement

Dosen ITNY Terpilih sebagai Delegasi Indonesia pada Forum Air Dunia ke-10

Media Digital
Senin, 20 Mei 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Dosen ITNY Terpilih sebagai Delegasi Indonesia pada Forum Air Dunia ke-10 Muhammad Fatih Qodri, dosen Institut Teknologi Nasional Yogyskarta (ITNY), telah terpilih sebagai salah satu Bali Youth Representatives (BYR) delegasi dari Indonesia pada the 10th World Water Forum atau Forum Air Dunia ke-10. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Muhammad Fatih Qodri, dosen Institut Teknologi Nasional Yogyskarta (ITNY), telah terpilih sebagai salah satu Bali Youth Representatives (BYR) delegasi dari Indonesia pada the 10th World Water Forum atau Forum Air Dunia ke-10.

Fatih berhasil terpilih di antara 2.101 pelamar dari 159 negara di seluruh dunia, mencerminkan prestasi yang membanggakan bagi institusi ITNY dan Indonesia.

Advertisement

Forum Air Dunia ke-10, yang akan diselenggarakan oleh World Water Council dan Republik Indonesia, adalah konferensi tingkat tinggi air terbesar di dunia.

Acara ini berlangsung di Bali, Indonesia, pada 18-25 Mei 2024 dengan tema utama Water for Shared Prosperity".

Beberapa subtema penting yang akan dibahas meliputi Water for Humans and Nature, Water Security and Prosperity, Disaster Risk Reduction and Management, Governance, Cooperation, and Hydro Diplomacy, Sustainable Water Finance, dan Knowledge and Innovation

Muhammad Fatih Qodri akan memiliki dua misi utama selama forum ini. Pertama, dia akan memperkenalkan alat inovatif yang dikembangkannya bersama rekan sejawatnya, Bagus Gilang Pratama, yaitu WAMOT, sebuah sistem pemantauan limbah cair otomatis berbasis Internet of Things (IoT).

Alat ini diharapkan dapat memberikan solusi canggih untuk masalah pengelolaan limbah cair yang sering dihadapi berbagai industri di berbagai belahan dunia.

Kedua, Fatih adalah berkolaborasi dengan 60 pemuda terpilih  dari seluruh dunia dalam BYR untuk merumuskan dan menghasilkan policy roadmap. Dokumen ini akan berfungsi sebagai panduan pengelolaan air global berdasarkan pemikiran dan ide-ide inovatif dari generasi muda. Partisipasi aktifnya diharapkan dapat membawa perspektif segar dan solusi efektif dalam menghadapi tantangan global terkait dengan pengelolaan air.

BACA JUGA: World Water Forum 2024, Presiden WWC: Saatnya Jadi Pendekar Air

Sebagai perwakilan dari Indonesia, Muhammad Fatih Qodri diharapkan tidak hanya membawa nama baik institusinya tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mencari solusi untuk masalah air yang dihadapi dunia saat ini.

Melalui partisipasinya, diharapkan akan tercipta kolaborasi dan inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi keberlanjutan sumber daya air global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan, TNI dan Pelaku Usaha Melakukan Sinergi Program

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement