Advertisement

1.133 Mahasiswa UNY Diwisuda Periode Mei 2024

Lugas Subarkah
Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:47 WIB
Sunartono
1.133 Mahasiswa UNY Diwisuda Periode Mei 2024 Mahasiswa UNY mengikuti upacara wisuda di GOR UNY, Sabtu (25/5/2024). - ist UNY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 1.133 mahasiswa UNY diwisuda dalam Upacara Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (25/5/2024) di GOR UNY. Mereka diharapkan bisa Mikul Duwur Mendem Jero.

1.133 mahasiswa yang diwisuda ini terdiri dari 26 orang Program Doktor, 273 orang Program Magister, 783 orang Program Sarjana, dan 51 orang Program Sarjana Terapan. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) meluluskan sejumlah 331 orang, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) 161 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 169 orang.

Advertisement

BACA JUGA : Simak! Jalur Trans Jogja Lengkap, ke UGM, UNY, Rumah Sakit dan Tempat Wisata

Kemudian Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL) 78 orang, Fakultas Teknik (FT) 106 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) 149 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 76 orang, Fakultas Vokasi (FV) 51 orang, dan Sekolah Pascasarjana (SPs) 12 orang.

Rektor UNY, Sumaryanto, mengucapkan selamat dan sukses bagi para wisudawan yang merupakan representasi Indonesia dari ujung timur hingga ujung barat. “Sekian ratus wisudawan wisudawati pada hari ini menyandang prestasi terbaik, baik itu lulus tercepat, IPK tertinggi atau menyumbangkan prestasi dalam bidang penalaran, seni, minat khusus dan olahraga,” ujarnya.

Secara resmi para wisudawan telah diserahkan pada Ketua Umum DPP IKA dengan harapan bisa mikul dhuwur mendhem jero. “Mmemuliakan orang tua, negara dan bangsa, instansi yang mengirim bahkan memuliakan almamaternya. UNY juga menerima apabila para alumni ini ingin studi lanjut ke S2 atau S3,” katanya.

Roro Wilis, mewakili wisudawan menyampaikan sambutan. Menurutnya menjadi wisudawan bukan hal yang mudah namun perlu perjuangan. “Perjuangan yang sesungguhnya akan berlanjut di tengah masyarakat” katanya.

Pengalaman perkuliahan yang dihadapi juga beragam, tidak mulus, tidak mudah namun semua harus dilalui dengan semangat pantang menyerah. Lika-liku menjalani perkuliahan menjadikan para mahasiswa lebih kuat, tangguh dan adaptif sehingga menjadi bekal dalam menjalani kehidupan. 

BACA JUGA : Mantan Rektor UNY Sutrisna Wibawa Resmi Jadi Kader Nasdem

Dari 1.133 orang wisudawan, terdapat delapan orang berpredikat summa cumlaude atau Dengan Pujian Tertinggi, terdiri dari dua orang Program Doktor, dan enam orang Program Magister. Selain itu terdapat 579 wisudawan dengan predikat cumlaude atau Dengan Pujian, dengan rincian 17 orang dari Program Doktor, 144 orang Program Magister, 387 orang Program Sarjana, dan 31 orang Program Sarjana Terapan (D-IV).

Wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 4.00 dengan predikat summa cumlaude sekaligus sebagai lulusan termuda dengan usia 26,41 tahun untuk Program Doktor diraih oleh Muhamad Ichsan Sabillah dari Program Studi Ilmu Keolahragaan S3 FIKK dan untuk Program Magister dengan IPK 4,00 dengan predikat summa cumlaude diraih oleh Frangky Kurniawan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Seni S2 FBSB.

Wisudawan Sarjana dengan IPK tertinggi diraih oleh Roro Wilis, dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,98 dari Program Studi Pendidikan Sejarah S1 FISHIPOL, sedangkan dari Program Sarjana Terapan IPK tertinggi diraih Nisa Ulfa Nurjanah dari Program Studi Akuntansi D-IV FV dengan predikat cumlaude, IPK 3,92.

Wisudawan lulus tercepat untuk Program Doktor diraih Ronny Sugiantoro dengan masa studi 2,15 tahun dengan IPK 3,88 dengan predikat cumlaude dari Program Studi lmu Pendidikan Bahasa S3 FBSB. Program Magister diraih Aulia Ulfiana Firdausi dengan masa studi 1,13 tahun, IPK 3,85 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga S2 FIKK.

Untuk Program Sarjana diraih Kenanga Kusuma Murdiyani dari Program Studi Pendidikan Luar Biasa S1 FIPP dengan masa studi 3,49 tahun, IPK 3,90 dengan predikat cumlaude. Sedangkan Program Sarjana Terapan dengan masa studi 3,57 tahun diraih Aniswara Dewi, dengan IPK 3,75 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Teknik Sipil D-IV FV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement